Kegiatan pembangunan rusun DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Rusun yang terdiri dari 780 unit ini akan selesai pembangunannya Juli mendatang. MI/Pius Erlangga
Kegiatan pembangunan rusun DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Rusun yang terdiri dari 780 unit ini akan selesai pembangunannya Juli mendatang. MI/Pius Erlangga

Jumlah Pembeli Menurun, Penyewa Bertambah

Properti apartemen bisnis properti
Rizkie Fauzian • 24 Januari 2019 08:12
Jakarta: Minat membeli hunian di Jakarta diperkirakan menurun setiap tahunnya. Pada saat bersamaan minat menyewa hunian di Jakarta terus meningkat secara signifikan.
 
"Ini karena harganya hunian yang tinggi, tidak sebanding dengan penghasilan warganya dengan UMP hanya Rp 3,6 juta," kata Managing Director Lamudi.co.id, Mart Polman dalam surat elektroniknya.
 
Hasil analisa terhadap historical data para pencari properti melalui google di Jakarta menunjukkan fenomena tersebut. Pada 2017 jumlah orang yang berminat membeli rumah mencapai 319.200 orang, sementara 2018 menurun mencapai 229.200 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini berbanding terbalik dengan minat untuk menyewa rumah di Jakarta, tren pencarian informasi tentang sewa rumah pada 2017 mencapai 106.200 orang, sedangkan 2018 mencapai 112.440 orang.
 

Salah satu sudut Jakarta yang pada dengan rumah-rumah warga dan gedung-gedung rumah susun. AFP Photo/Adek Berry
 
"Tak heran banyak yang akhirnya lebih membeli rumah di Bekasi, Tangerang atau Bogor," papar Polman.
 
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan 49,91 persen penduduk Jakarta usia produktif belum memiliki rumah. Mereka saat ini tinggal bersama orang tua atau mengontrak.
 
Sementara itu, untuk area pencarian informasi sewa rumah favorit berada di wilayah Tebet dengan rata-rata harga sewa Rp 900 ribu per meter persegi. Kemudian Cibubur Rp 50 ribu per
meter persegi dan Kebayoran Baru dengan rata-rata Rp 1 juta per meter persegi.

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi