Tak Punya IMB, Gereja Ini Didenda Rp 626 Miliar
Sagrada Familia merupakan salah satu bangunan ikonik di Spanyol dan merupakan landmark bagi Barcelona. Maka tak heran menjadi tujuan wisata utama bagi para turis. AFP Photo/Jorge Guerrero
Barcelona:Menyandang status sebagai Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO dan merupakan salah satu obyek wisata utama di Spanyol, tidak membuat Sagrada Familia bebas dari hukum. Gereja dengan desain arsitektur penuh detail ini diwajibkan membayar denda sebesar Euro 36 juta atau setara Rp 626 miliar.

Denda sebesar itu karena sejak dimulainya pembangunannya 136 tahun lalu -dan hingga kini masih berlangsung- Sangrada Familia tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan. Setelah negoisasi selama dua tahun, pengurus gereja Khatolik tersebut setuju membayar denda yang dijatuhkan Pemkot Barcelona itu.


"Pembayarannya dicicil selama 10 tahun," kata Wali Kota Barcelona Ada Colau seperti dilansir dezeen.

Uang denda akan digunakan untuk kepentingan pembangunan dan pemiliharaan infrastruktur kota. Rencananya untuk membangun jaringan transportasi umum (Euro 22 juta), peningkatan sistem kereta cepat (Euro 7 juta), pengembangan jalan di sekitar Sagrada Familia (Euro 4 juta) dan pemeliharaan keamanan jalan (Euro 3 juta).


Enam menara Sagrada Familia penuh detail ornamen. Interior khas gereja Khatolic mengekspos tiang-tiang penyangga atap yang juga penuh dengan detail ornamen. AFP Photo/Josep Lago

Di kalangan arsitektur, Sagrada Familia dikenal sebagai proyek rumah ibadah paling ambisius sepanjang masa. Proyek dengan arsitek Antoni Gaudi dimulai pembangunannya pada 1882 dan hingga kini belum juga tuntas 100 persen akibat rumitnya detail desain bangunan.

Pada saat Gaudi tutup usia pada 1926, pembangunan fisik gereja mencapai 25 persen. Silih berganti arsitek dan kontraktor mempimpin pekerjaan proyeknya, tidak membuat gaya Neo-Ghotic warisan Gaudi luntur dari fasad Sagrada Familia yang rancangan aslinya hilang ketika Spanyol dilanda perang saudara.

Maka tidak dapat dihindari ada penyeseuaian detailnya sesuai selera jaman. Paling terlhat mencolok adalah detail interior gereja yang jelas merupakan inteprestasi modern terhadap gaya Neo-Ghotic.

Sebagai perhormatan terhadap arsitek visioner tersebut, Antoni Gaudi dimakamkan di basement Sagrada Familia yang tahap pembangunan kontruksinya baru 70 persen. Gereja yang dirancang punya enam menara ini ditargetkan tuntas pembangunannya pada 2026, bertepatan 100 tahun berpulangnya Gaudi.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id