Ruang pamer supercar Lamborghini di Moskva City. Moscow saat kini punya populasi butik mobil dan busana mewah yang besar. AFP Photo/Alexander Nemenov
Ruang pamer supercar Lamborghini di Moskva City. Moscow saat kini punya populasi butik mobil dan busana mewah yang besar. AFP Photo/Alexander Nemenov

Moskva City, Distrik Simbol Kemakmuran Rusia

Properti rusia
Rizkie Fauzian • 07 Januari 2019 07:07
Moskow: Sebuah pusat bisnis di Ibukota Rusia ini dijejali belasan encakar langit dengan desain unik. Distrik yang punya julukan sebagai Moskva City tersebut merupakan simbol baru geliat ekonomi Rusia.
 
Pembangunan distrik ditargetkan rampung pada 2007, namun mundur hingga 2018. Saat ini distrik tersebut memiliki 15 gedung pencakar langit, 200 ribu tempat parkir, serta 130 restoran dan kafe.
 
Hampir 70 persen gedung di Moskva City adalah perkantoran, 20 persennya adalah apartemen mewah dan sisanya pertokoan serta restoran. Sekitar 200-an ribu orang yang berkunjung ke sana tahun lalu adalah wisatawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini beberapa gedung pencakar langit di Moskva Cit. Mulai tertinggi hingga terendah yang dikutip dari trendymoscow.
 
Moskva City, Distrik Simbol Kemakmuran Rusia
Deretan pencakar langit dengan desain unik jadi daya tarik bagi Wisatawan untuk berfoto di atas jembatan yang melintasi Moscow River. AFP Photo/Alexander Nemenov
 
Moscow Federation Tower
 
Dengan ketinggian mencapai 374 meter, gedung ini jadi yang tertinggi di Eropa dan juga Rusia. Gedung yang mencakup 95 lantai tersebut memiliki sebuah restoran yang berada di lantai 60 dengan pemandangan indah kota Moskow.
 
OKO Tower
 
Bangunan tertinggi kedua yang menjulang 352 meter di distrik tersebut memiliki restoran dan arena ice skating di lantai 85 dan 86.
 
Mercury City Tower
 
Gedung yang satu ini paling mudah dikenali karena warna emasnya. Dengan tinggi 339 meter, gedung ini jadi yang tertinggi ketiga dan mencakup 75 lantai.
 
Eurasia Tower
 
Gedung ini memiliki tinggi 309 meter dan mencakup 71 lantai. Gedung yang satu ini menjadi ruang hunian dan komersil.
 
Capital City Towers
 
Gedung yang satu ini punya dua bangunan, pertama disebut Moskow dengan tingi 302 meter. Bangunan kedua disebut St Petersburg dengan tinggi 257 meter dan mencakup 65 lantai.
 
Empire Tower
 
Empire Tower tingginya 239 meter dan memiliki 60 lantai. Di dalamnya termasuk real estat perumahan dan komersial.
 
IQ Quarter
 
Gedung ini memiliki tiga bangunan yang mencakup ruang kantor dan apartemen. Gedung dengan 173 meter ini memiliki 43 lantai.
 
Moskva City, Distrik Simbol Kemakmuran Rusia
AFP Photo/Mladen Antonov
 
Tower 2000
 
Tower 2000 menjadi salah satu gedung perkantoran pertama yang dibangun. Total tinggi adalah 130 meter, lebih pendek dibanding sebagian besar pencakar langit Moskow.
 
Terdapat jembatan pejalan kaki yang menghubungkan setiap area pusat bisnis, salah satunya adalah Kutuzovsky yang terletak di seberang sungai Moskow.
 
Tak hanya dikelilingi bangunan pencakar langit yang modern, distrik tersebut juga memiliki bangunan-bangunan tua yang menjadi tempat tinggal. Bangunan dengan arsitektur era Stalin yang dibangun pada 1950-an dalam kondisi baik.

Moskva Cit pernah jadi kota hantu


Awal pembangunannya pada 1992, distrik di bantaran Moskva River itu sempat jadi kontroversi. Beberapa arsitek mempertanyakan keharusan membangun pencakar langit dengan fasilitas parkir bertingkat.
 
Moskva City, Distrik Simbol Kemakmuran Rusia
Lalu lintas di tengah Moskow yang padat merayap. Deretan pencakar langit distik bisnis Moskva City alias Moscow International Business Center tampak di latar belakangnya. AFP Photo/Kirill Kudryavtsev
 
Maklum saja waktu itu masih era Sovyet. Tidak ada yang membayangkan Soyet akan runtuh dan rantai bisnis berpindah dari negara kepada swasta. Moskow belum kekurangan lahan layaknya Hong Kong, London, Manhattan bahkan Jakarta. Tak ada kemacetan lalu lintas dan warga tidak sampai harus berebut tempat parkir mobil.
 
Selain itu Moskow juga relatif sepi pada malam hari. Banyaknya gedung belum berpenghuni tak ubahnya suasana kota hantu.
 
Tapi runtuhnya Sovyet membuka peluang ekonomi baru bagi warganya. Moskow kini dikenal sebagai salah satu kota dengan populasi butik pakaian dan mobil mewah di dunia. Maka keberadaan Moskva Cit menjadi relevan karena banyaknya perusahaan -terutama tambang dan energi- global yang membuka cabang di Rusia.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif