Desain Papua Youth Creative Hub. Foto: Kementerian PUPR
Desain Papua Youth Creative Hub. Foto: Kementerian PUPR

Dibangun Rp95,05 Miliar, Papua Youth Creative Hub Rampung Desember 2022

Rizkie Fauzian • 18 Maret 2022 16:24
Jakarta: Generasi muda memiliki peranan yang penting dalam mendukung Indonesia Emas 2024. Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Papua Youth Creative Hub. 
 
Gedung ini diharapkan menjadi motor penggerak, dan menjadi pusat pengembangan talenta muda di Tanah Papua. Selain itu, sebagai pusat kreativitas anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.
 
Papua Youth Creative Hub mulai dibangun Pada 29 September 2021 hingga 23 Desember 2022 dengan anggaran Rp95,05 miliar. Pembangunan dilakukan oleh kontraktor PT Nindya Karya dengan progres fisik capai 18,5 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan dukungan pemerintah pusat dalam memberikan porsi ruang yang lebih kepada anak-anak Papua agar lebih kreatif, berkembang, dan maju.
 
"Pembangunan Papua Youth Creative Hub dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 Maret 2022.
 
Papua Youth Creative Hub dibangun setinggi dua lantai dengan luas 5.392 meter persegi dan lahan hijau 3.000 meter persegi. Desain pembangunannya berupa gedung utama, dormitory, sport venue, hall untuk pameran atau presentasi, dan coworking space. 
 
Selain itu juga dibangun lahan parkir berkapasitas 53 mobil dan 154 motor, serta lansekap. Pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan tindaklanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan pemuda-pemudi Papua di Istana Negara pada September 2019 lalu. 
 
Selanjutnya pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda/pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.
 
Direncanakan Papua Youth Creative Hub akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. 
 
"Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat baik di bidang saint, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub," kata Presiden Joko Widodo pada groundbreaking Papua Youth Creative 2 Oktober 2021 silam.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif