Lansia dan Difabel bakal Bebas Biaya Sewa Rusun

Nur Azizah 08 Februari 2018 10:50 WIB
rusun
Lansia dan Difabel bakal Bebas Biaya Sewa Rusun
Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan/Medcom.id/Nur Azizah
Jakarta:Pemprov DKI Jakarta berencana membebaskan biaya sewa rumah susun untuk penghuni lanjut usia dan difabel. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan aturan itu bakal dimasukkan dalam Pergub Nomor 111 Tahun 2014 tentang Mekanisme Penghunian Rumah Susun Sederhana Sewa.

"Yang lansia akan dibebaskan dari biaya sewa dan retribusi. Lalu yang punya keterbatasan, cacat, dan sebagainya. Sekarang ini belum masuk ke dalam Pergub 111," kata Agustino di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Februari 2018.


Kategori lansia ialah penghuni berusia di atas lebih dari 60 tahun. Pemprov juga memiliki wacana menggratiskan biaya sewa selama tujuh bulan pertama untuk penghuni baru.

"Misalnya orang yang datang nih, masyarakat terprogram, nah itu dibebaskan biayanya selama tujuh bulan. Rencana kita dan itu semua akan dimasukkan ke dalam draf Pergub yang akan direvisi," terang dia.

Penghuni baru juga dibebaskan biaya dalam waktu tertentu karena dianggap belum memiliki pekerjaan. Mereka merupakan penghuni kawasan kumuh yang dipindahkan ke lokasi lebih baik.

"Usulan kita begitu," ucap Agustino.



(OJE)