Hunian DP 0 Rupiah di Klapa Village. Foto: MI/Ramdani
Hunian DP 0 Rupiah di Klapa Village. Foto: MI/Ramdani

Hunian Murah bagi Warga Jakarta

Properti rusunawa perumahan hunian jakarta penghuni rusunawa Penyediaan Rumah Rusunami
Selamat Saragih • 13 Desember 2019 16:25
Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta membangun hunian DP Rp0 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal murah. Hingga saat ini, ada dua lokasi hunian murah tersebut yakni Klapa Village dan Nuansa Cilangkap di Jakarta Timur.
 
Untuk hunian DP Rp0 yang berada di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur memiliki 780 unit. Sementara di Nuansa Cilangkap jumlah hunian yang dibangun mencapai 3.400 sehingga total kedua hunian murah mencapai 4.180 unit.
 
"Hunian tahap dua di Nuansa Cilangkap akan selesai dua tahun atau 2021. Ada empat tower, masing-masing tower ada 850 unit," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan di Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hunian DP Rp0 di Nuansa Pondok Kelapa dibangun di atas lahan seluas 5.686 meter persegi dengan total 21 lantai. Hunian tersebut terdiri dari 780 unit yang dibagi menjadi tiga tipe.
 
Pertama tipe studio berjumlah 240 unit, dengan kisaran harga setiap unit Rp184 juta-Rp195 juta, kedua tipe satu kamar berjumlah 180 unit dengan kisaran harga per unit Rp210 juta-Rp213 dan ketiga tipe dua kamar berjumlah 360 unit dengan kisaran harga tiap unit Rp304 juta-Rp310 juta.
 
"Fasilitasnya pada hunian antara lain, Balai Warga, PAUD, Taman Bermain Anak, Musala, dan bus Transjakarta. Begitu juga hunian dekat dengan pasar dan sekolah," jelas Dzikran.
 
Sedangkan, hunian DP Rp0 di Nuansa Cilangkap dibangun di atas lahan 2,9 hektare (ha). Akan ada empat tower sehingga luas masing-masing bangunan mencapai 0,65 ha.
 
Masing-masing tower terdiri dari 850 unit dengan ketinggian 24 lantai. Jadi ada total 3.400 unit hunian yang akan dibangun.
 
Nuansa Cilangkap akan memiliki tiga tipe hunian yaitu tipe studio dengan luas 21 dan 22 meter persegi, tipe satu kamar tidur (single bed room) seluas 23,9 meter persegi dan 24,5 meter persegi dan dua kamar tidur (dua bed rooms) seluas 34,6 meter persegi dan 35,3 meter persegi.
 
Kisaran harga jual tower Samawa di Nuansa Cilangkap tidak jauh berbeda dari Nuansa Pondok Kelapa. Adapun fasilitas penunjang antara lain ruang bersama, balai warga, musala, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah, parkir kendaraan bermotor, serta Transjakarta.
 
Tidak hanya itu, juga akan dibangun sumur resapan dan biopori di kawasan Nuansa Cilangkap, sehingga dapat mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air ke dalam tanah. Juga disediakan lahan sebagai taman apotek hidup.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif