Siap-Siap, Harga Rumah Tipe Kecil Siap Naik

Rizkie Fauzian 13 Februari 2018 11:17 WIB
bisnis propertikpr
Siap-Siap, Harga Rumah Tipe Kecil Siap Naik
Kesibukan pembangunan perumahan baru kelas menengah di Kendal, Jawa Tengah. file/Antara Foto/Aditya
Jakarta:  Harga rumah di sejumlah wilayah mengalami kenaikan diperkirakan akan naik tipis. Faktor pendorongnya adalah naiknya harga bahan-bahan bangunan dan upah pekerja sejak akhir tahun lalu.

Di dalam hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) yang dilakukan Bank Indonesia (BI), menyebutkan adalanya kenaikan harga rumah sebesar 0,55 persen pada triwulan IV 2017. Prosentasenya lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang 0,50 persen.


Kenaikan harga rumah diperkirakan akan berlanjut hingga triwulan I tahun ini sebesar 0,72 persen. Harga rumah tipe menengah dan kecil masing-masing diperkirakan masing-masing naik 0,79 persen dan 1,22 persen.

Wilayah mencatatkan kenaikan harga tertinggi adalah Bandar Lampung yang pada 2017 kenaikannya 1,80 persen menjadi 4,766 persen awal tahun ini. Sedangkan kenaikan harga rumah tertinggi secara year on year terjadi di Surabaya.

Survei tersebut dilakukan terhadap sampel 14 pengembang proyek perumahan yang tidak hanya di Jabodetabek dan Banten. Tapi juga Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makasar, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Bandar Lampung, Palembang, Padang dan Medan.

Jumlah responden mencakup pengembang di wilayah Jabodetabek-Banten, dan pengembang di 15 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia (KPwDN). Data dikumpulan secara tatap muka mencakup harga jual rumah, jumlah unit rumah yang dibangun dan dijual pada triwulan yang bersangkutan serta prakiraan harga jumlah rumah dalam triwulan berikutnya.

 



(LHE)