Kafe di Mumbai ini seluruh interiornya terbuat dari kardus.  (Foto: Mrigank Sharma)
Kafe di Mumbai ini seluruh interiornya terbuat dari kardus. (Foto: Mrigank Sharma)

Ramah Lingkungan, Interior Kafe Dibuat dari Kardus

Properti desain interior
Gervin Nathaniel Purba • 15 April 2019 13:19
Mumbai: Konsep ramah lingkungan tidak hanya menyasar pada hunian saja, namun juga kafe. Di Mumbai, India, sebuah kafe seluruh interiornya terbuat dari kardus.
 
Studio arsitektur Nudes menggunakan bahan material kardus untuk interior dinding, meja, kursi, bahkan kap lampu. Alasannya, kardus mudah didaur ulang dan biodegradasi.
 
Kardus juga diketahui bisa menyerap suara dan sangat fleksibel. Meski demikian, mendesain kafe dengan kardus diakui sangat sulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nudes mengaku penggunaan material kardus sangat sulit untuk sebuah interior, oleh karena ini pihaknya terus memantau ketahanan dari bahan tersebut.
Ramah Lingkungan, Interior Kafe Dibuat dari Kardus
(Foto: Mrigank Sharma)
 
Sebagai perawatan, beberapa bagian diresapi oleh lilin. Tujuannya mencegah penyerapan air dan memudahkan perawatan.
 
"Kami berharap kafe ini bisa menjadi contoh dialog dan percakapan tentang peran desain, bahan, dan teknologi dalam melindungi sumber daya alam yang lebih berkelanjutan," ujar Nudes, dilansirDezeen.
 
Selain Nudes, beberapa arsitek dari seluruh dunia juga menggunakan kardus sebagai bahan material. Perusahaan California, Brooks + Scarpa melapisi dinding toko Aesop di Los Angeles dengan tabung kardus daur ulang.
Ramah Lingkungan, Interior Kafe Dibuat dari Kardus
(Foto: Mrigank Sharma)
 
Di Amsterdam, sebuah kolektif desain bernama Fission Factory telah merancang sistem perumahan modular yang menggunakan potongan-potongan kardus yang saling bertautan untuk membentuk kerangka rumah yang dapat dirakit dalam waktu kurang dari 24 jam.
 
Lalu arsitek Jepang, Shigeru Ban, menciptakan katedral di Christchurch, Selandia Baru, dari kardus. Dia juga membuat kabin untuk pejalan kaki, paviliun di Sekolah Arsitektur, dan Desain IE di Madrid.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif