Ekosistem perumahan jadi andalan bank BTN. Ilustrasi: Shutterstock
Ekosistem perumahan jadi andalan bank BTN. Ilustrasi: Shutterstock

Optimalisasi Transaksi, BTN Incar 7 Juta Nasabah Beralih ke Digital

Rizkie Fauzian • 20 Januari 2023 12:52
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (BTN) optimistis akan memenangkan ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan Tanah Air.  Melalui proses transformasi digital yang sedang dipersiapkan, BTN  menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan di tingkat Asia Tenggara.
 
Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengklaim bahwa kemunculan SuperApp BTN Mobile yang rencananya akan dirilis awal tahun membuatnya memiliki pelayanan yang lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital.
 
"Kuncinya kalau kita masuk digitalisasi tidak cukup dari sisi atau faktor solusi teknologinya saja, tapi kita harus memiliki kekuatan ekosistem," katanya di Jakarta, Jumat, 20 Januari 2023.

Saat ini, BTN sudah memiliki ekosistem mortgage (perumahan) yang selama ini menjadi kekuatan sehingga konsep solusi digital melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem.
 
Andi menambahkan, saat ini persaingan mobile banking di industri perbankan nasional memang cukup ketat bahkan fungsi-fungsi dasar seperti pembayaran listrik, telepon, air dan jugat op up emoney, listrik prabayar, dilayani oleh fintech atau ecommerce. 
 
Baca juga: Makin Diminati, BTN Perluas Pembiayaan Rumah Berbasis Syariah

"Sehingga BTN Mobile selain memiliki fitur dasar payment & Purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem kita," ujarnya.
 
Andi menjelaskan, BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai SuperApp karena fitur-fitur yang ditawarkan tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tapi juga memiliki fitur financial yang terkait dengan life circle ekosistem kita di sektor perumahan.
 
"Melayani nasabah kita dari mulai kepemilikan rumah, sampai dia tinggal di dalamnya, diluar kebutuhan transaksi dasar seperti bayar listrik, air, gas, pajak (PBB). Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN.  Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," jelasnya.
 
Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh Sumber Daya Manusia (SDM), Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabahnya.
 
"Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.
 
Bank BTN menyasar sekitar 5-7 juta nasabahnya untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nantinya. 
 
"Saat ini saja, potensi yang ada berkisar 5-7 juta nasabah BTN yang terkait dengan kebutuhan KPR. Dengan memaksimalkan ini kita sudah bisa memperoleh optimalisasi transaksi yang sudah ada di BTN, di samping kita akan mengakusisi nasabah-nasabah baru seiring dengan inovasi-inovasi produk mortage yang dibuat," kata Andi.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id.


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan