Apartemen ToD untuk Milenial
Di lokasi seperti inilah BUMN akan membangun apartemen ToD. Targetnya ada 50-an tower yang didirikan terintegrasi dengan stasiun kereta api, terminal, dan pasar. Antara Foto/Bernadeta Victoria
Jakarta: Daya beli generasi milenial diperkirakan terlalu pas-pasan untuk menjangkau harga rumah tapak di dalam wilayah DKI Jakarta Lokasi perumahan yang masih masuk akal adalah di kota-kota satelitnya terutama Bogor, Bekasi dan Tangerang.

"Apartemen di Jakarta sudah tinggi juga harganya," kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghanda.


Memang jaraknya cukup jauh, sekitar 1-2 jam perjalanan bila ditempuh dengan bermobil dari rumah ke Jakarta. Tetapi jaringan jalan raya yang sangat baik dan pilihan transporasi umum yang sangat beragam bahkan tersedia 24 jam, sebenarnya sudah menjawab ketakutan tersebut. Namun demikian bisa dipahami bila masih ada yang menganggap jarak tempuh masih sebagai masalah. Kemacetan lalu lintas adalah penyebab perjalanan menjadi tidak lagi dapat dikontrol. Belum lagi faktor risiko di jalan.

"Apartemen di daerah transit oriented development (ToD) bisa dipilih," imbuh Ali.

Apartemen ToD adalah hunian vertikal yang bangunannya terintegrasi dengan fasilits transportasi umum, terutama stasuin KRL. Konsep bangunan seperti ini sedang gencar dibangun BUMN berkerjasama dengan swasta, antara lain di Depok dan Jakarta Selatan.


 



(LHE)