Wisma Atlet Kemayoran Siap Dihuni Atlet Difabel
Ramp (jalur landai) akan memudahkan pengguna kursi roda untuk naik atau turun ke lantai dengan ketinggian berbeda. dok. Kementerian PUPR
Jakarta: Para atlet difabel peserta Asian Paragames 2018 Jakarta juga akan tinggal tinggal di Wisma Atlet Kemayoran. Selain seribu unit apartemen dengan fitur khusus, Kementerian PUPR memodikasi detail lain agar lebih sesuai kebutuhan khas difabel.

Seribu unit apartemen yang dimodifikasi khusus tersebut tersebar di empat dari 10 towernya. Di masing-masing tower terdapat 200 unit khusus difabel dan dilengkapi enam lift khusus difabel, yaitu pintunya lebih lebar dengan panel tombol lantai lebih rendah sehingga memudahkan pengguna kursi roda menjangkaunya..


Di setiap unit apartemen difabel dibuatkan ramp untuk masuk ke kamar mandi. Dimensi kamar mandi juga lebih luas. Demikian juga pintu-pintunya yang lebih lebar sehingga muat untuk kursi roda elektrik


Lift dengan bukaan pintu lebih lebar ketika sedang dalam tahap pemasangannya di empat tower dengan unit khusus difabel. dok. Kementerian PUPR

Perhelatan Asian Paragames dimulai sejak 6 hingga 13 Oktober 2018. Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018, maka Kementerian PUPR diberikan tugas untuk melaksanakan pembangunan Wisma Atlet di Kemayoran.

Wisma Atlet Kemayoran yang telah dimanfaatkan sebagai unsur utama dari Kampung Atlet pada Asian Games XVIII lalu terdiri atas 10 tower, dimana 7 tower berada pada Blok D-10 sedangkan 3 tower lainnya berada pada Blok C-2. Total daya tampung kesepuluh tower tersebut adalah 21.976 unit.

Setelah usainya Asian Paragames 2018, seribu unit khusus tersebut juga akan disewakan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Selain bagi difabel, unit khusus tersebut juga sesuai bagi warga lanjut usia.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id