Pemprov Tak Mampu Siapkan Lahan Rumah Subsidi

Budi Arista Romadhoni 30 November 2018 17:29 WIB
perumahan
Pemprov Tak Mampu Siapkan Lahan Rumah Subsidi
Kepala Seksi Perumahan Umum Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Jateng, Suprapta, Medcom.id - Budi Arista
Semarang: Penyediaan rumah murah dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) di Jawa Tengah masih terbatas. Pemerintah belum bisa menyediakan lahan yang bisa dibangun dengan standar rumah subsidi. 

Kepala Seksi Perumahan Umum Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Jateng, Suprapta mengaku hanya sebatas memberikan sosialisasi soal pengadaan rumah subsidi. Namun, pemerintah belum dapat menyediakan lahan untuk rumah jenis tersebut.


"Kami hanya menyosialisasikan kebijakan pemerintah pusat. Pemerintah Provinsi hanya mendorong peta-peta lahan yang sudah kuning, atau sudah bukan lahan hijau," katanya saat ditemui di kantornya, di Semarang, Jumat 30 November 2018. 

Dia mengungkapkan pemerintah provinsi hanya sebagai tangan kanan pemerintah pusat. Namun pemprov baru dapat menyediakan rumah untuk aparatur sipil negara (ASN).

Sedangkan rumah FLPP disediakan oleh pengembang. Pembangunan fisiknya mendapatkan bantuan berbentuk pembiayaan.

Ia mengakui, harga tanah di Jawa Tengah semakin mahal dan tidak terkontrol, terlebih di kota. Sehingga, rumah subsidi tak bisa dibangun di kawasan perkotaan.

"Bisanya di daerah pinggiran atau kawasan penyangga, contoh ini di Semarang, itu dibangun di Kendal," imbuhnya.  

Ia menyebutkan harga rumah bersubsidi yaitu kurang lebih Rp130 juta. Dana sebesar itu tak dapat digunakan untuk membangun rumah di kota. Tapi bila dibangun di desa, peminatnya sepi karena aktivitas di kota lebih banyak.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id