Kapan Wisma Atlet Kemayoran Jadi Rusun?

Rizkie Fauzian 19 Februari 2018 15:17 WIB
rusun
Kapan Wisma Atlet Kemayoran Jadi Rusun?
Wisma Atlet Kemayoran memiliki akses langsung ke ruas tol Ancol. Antara Foto/Sigid Kurniawan
Jakarta: Seusai rangkaian Asian Games 2018, rencananya Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, akan ditawarkan ke masyarakat sebagai apartemen murah alias rumah susun. Kapan penawarannya akan dibuka? Berapa harga per unitnya?

"Sedang kami siapkan dulu serah terima kepada Setneg, peruntukkannya akan dibicarakan bersama Setneg," jawab Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid, kepada  Medcom.id.


Sejak bulan lalu Wisma Atlet Kemayoran telah selesai pembangunannya. Beberapa unit telah pula digunakan sebagai wisma bagi atlet peserta ajang test event pra Asian Games yang sedang berlangsung.

"Sambil kita lihat apakah masih ada kekurangan sebelum Asian Games berlangsung," sambung Khalawi.



Rencana memanfaatkan wisma atlet sebagai rumah susun, sudah ditetapkan sejak tahap perencanaan proyeknya. Tiga towernya di blok C bahkan telah dimohon Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dijadikan tempat tinggal pegawainya.

Hanya saja sejauh ini dari Sekretariat Negara selaku pemilik proyek, belum memastikan apakah ditawarkan kepada masyarakat sebagai rumah susun sewa atau rumah susun hak milik. Ada tahapan hukum yang harus ditempuh terkait status bangunan yang berdiri di atas lahan milik negara.

"Serah terima dahulu dari Kementerian PUPR kepada Setneg, setelah itu kita tunggu IMB keluar. Nanti akan dibicarakan bersama untuk apa rusun itu. Belum ada keputusan karena itu kewenangan Setneg," papar Khalawi.

 



(LHE)