Bedah rumah di Gorontalo. Foto: Kementerian PUPR
Bedah rumah di Gorontalo. Foto: Kementerian PUPR

Ratusan Warga Gorontalo Dapat Bantuan Rp20 Juta untuk Perbaiki Rumah

Properti sejuta rumah Program Sejuta Rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 24 Juli 2021 11:51
Gorontalo: Sebanyak 250 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Gorontalo Utara mendapatkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah. Setiap rumah nantinya akan mendapat bantuan senilai Rp20 juta.
 
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR melakukan perbaikan atau bedah rumah untuk meningkatkan kualitas menjadi layak huni serta membantu masyarakat dalam menghadapi terutama di masa pandemi.
 
"Kementerian PUPR terus mendorong peningkatan penyediaan rumah layak huni untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) diseluruh Indonesia melalui Program BSPS," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khalawi menambahkan, dana yang diberikan kepada masyarakat akan dialokasikan untuk pembelian bahan bangunan sebesar Rp17,5 juta dan pembayaran upah tukang sebesar Rp2,5 juta.
 
"Kami juga menerjunkan tenaga pendamping untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam pelaksanaan Program BSPS," jelasnya.
 
Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Balai P2P Sulawesi I Ditjen Perumahan Alwi Mahdali menambahkan, tahun ini provinsi Gorontalo mendapatkan alokasi sebanyak 1.260 rumah yang tersebar di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara.
 
"Total bantuan Program BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara senilai Rp5 miliar. Kami ingin Program BSPS yang dilaksanakan dapat memenuhi persyaratan layak huni, terutama dari segi keselamatan bangunan, meminimalisir kerusakan bangunan, dan keselamatan penghuni terhadap dampak bencana gempa," ujarnya.
 
Alwi menambahkan bahwa bantuan Program BSPS ini bersifat stimulan yang melibatkan penerima bantuan untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan program ini. 
 
"Kami targetkan rumah swadaya yang dibangun melalui Program BSPS dapat memenuhi target-target Sustainable Development Goals (SDGs) serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di masa pandemi ini," ungkapnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif