Bukan Panti Jompo, Ini Syarat Tinggal di Rusunawa Lansia Cibubur

Rizkie Fauzian 27 April 2018 14:04 WIB
Bukan Panti Jompo, Ini Syarat Tinggal di Rusunawa Lansia Cibubur
Rusun baru khusus lansia ini hanya terdiri dari tiga lantai dan berisi 90 unit.
Jakarta:Meski sama-sama penghuninya adalah warga lanjut usia, tetapi rusunawa khusus lansia di Cibubur sama sekali bukan tempat penitipan lansia layaknya panti jompo. Meski menyewa, tetap ada tahap seleksi yang harus dijalani terlebih dahulu sebelum dapat tinggal di sana.

"Pertama, berusia sekurang-kurangnya 60 tahun," ujar kata Kepala Sasana Tresna Werdha (STW) Ria Pembangunan atau rusun lansia, Ibnu Abas kepada Medcom.id.

Selanjutnya idak mengidap masalah kejiwaan, pikun berat atau penyakit menular yang dibuktikan dengan melampirkan hasil tes kesehatan dari rumah sakit, radiolog atau laboratorium medis. Tim dokter yang ditunjuk yayasan pengelola rusunawa lansia Cibubur itu akan memvalidasi ulang.

"Kemudian mandiri, dalam arti masih mampu melakukan aktifitas makan, minum dan mandi sendiri," sambung Ibnu.

baca juga: Apa saja fasilitas di rusun lansia Cibubur?

Ada pula persyaratan bagi anggota keluarga. Yaitu komitmen dan jaminan untuk selalu rutin menjenguk orang tua mereka yang tinggal di rusunawa khusus ini, minimal satu kali dalam satu bulan.

"Lebih sering dikunjungi lebih bagus. Bila perlu menginap, ada kamar tamu cukup banyak," imbuhnya sambil menekankan bahwa kunjungan dari anak dan cucu, sangat dibutuhkan lansia agar tidak merasa kesepian.

Setalah itu ada persyaratan administrasi, menjadi anggota Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan yang berlaku seumur hidup. Keanggota berakhir bila salah satu pihak menyatakan mengundurkan diri atau meninggal dunia.

"Setelah semua dipenuhi, kami akan berkunjung ke ke tempat tinggal calon penyewa untuk validasi," sambung Ibnu.
 

(LHE)