BTN mendapat kuota dana subsidi FLPP Rp8,73 triliun. Foto: Kementerian PUPR
BTN mendapat kuota dana subsidi FLPP Rp8,73 triliun. Foto: Kementerian PUPR

BTN Dapat Jatah Salurkan KPR Subsidi FLPP Rp8,73 Triliun

Properti investasi properti perumahan BTN bisnis properti Properti milenial Investasi Rumah
Rizkie Fauzian • 21 Januari 2021 20:55
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (BTN) akan menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) senilai Rp8,73 triliun.
 
Dana tersebut akan disalurkan melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi konvensional senilai Rp7,76 triliun dan KPR subsidi syariah senilai Rp965 miliar.
 
"Dengan dana FLPP total sebesar Rp8,73 triliun kami akan menyalurkannya untuk pembiayaan 81 ribu unit rumah subsidi pada 2021," kata Plt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nixon mengaku akan mengoptimalkan pembiayaan rumah subsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Untuk itu segenap jajaran BTN di seluruh Indonesia akan bekerja keras menyukseskan penyaluran FLPP untuk MBR.
 
"Kami akan terus berinovasi, bersinergi, serta melakukan pembenahan dan efisiensi dalam proses penyaluran FLPP di antaranya mengintegrasikan sistem aplikasi KPR kami dengan aplikasi SiKasep yang dioptimalkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan sejak tahun lalu," ungkapnya.
 
Dia mengungkapkan, dana FLPP akan disalurkan dalam bentuk KPR Sejahtera yang hanya bisa diakses MBR. Melalui fasilitas KPR subsidi tersebut, MBR bisa memiliki rumah dengan uang muka mulai satu persen dan suku bunga lima persen fixed hingga 20 tahun.
 
Hingga akhir Desember 2020, BTN telah menyalurkan dana FLPP sebesar Rp4,46 triliun untuk 34.367 unit rumah subsidi. Sementara sampai triwulan III-2020, BTN masih menempati posisi pertama bank penyalur KPR dengan porsi lebih dari 90 persen.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif