Salah satu rumah contoh bagi komunitas tukang cukur di Garut. Foto: Kementerian PUPR
Salah satu rumah contoh bagi komunitas tukang cukur di Garut. Foto: Kementerian PUPR

223 Rumah bagi Komunitas Petugas Kebersihan

Properti perumahan program sejuta rumah komunitas Berita Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 06 Maret 2020 19:06
Prabumulih: Pemerintah menyiapkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk mendukung pembangunan perumahan berbasis komunitas di seluruh wilayah Indonesia.
 
"Adanya PSU berupa jalan tersebut diharapkan dapat membuat lingkungan perumahan komunitas masyarakat menjadi lebih nyaman untuk ditempati," kata Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Mochammad Yusuf Hariagung dalam keterangan tertulis, Jumat, 6 Maret 2020.
 
Salah satu komunitas petugas kebersihan di Kota Prabumulih, Sumatra Selatan memperoleh bantuan perumahan melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perumahan bagi petugas kebersihan ini menjadi penanda pembangunan rumah yang layak dan terjangkau untuk para Petugas Kebersihan yang bertugas di Kota Prabumulih," jelasnya.
 
Perumahan ini dibangun di atas lahan seluas empat hektare (ha). Adapun jumlah unit rumahnya mencapai 223 dengan tipe 36. Perumahan ini dibangun melalui kolaborasi antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga Keuangan nonbank dalam bentuk koperasi, dan komunitas petugas kebersihan di Kota Prabumulih.
 
"Dengan total luas empat ha dan daya tampung 223 unit, perumahan ini menjadi model pengembangan Perumahan Berbasis Komunitas yang masif di Provinsi Sumatra Selatan," ungkapnya.
 
Adanya penyediaan perumahan melalui kolaborasi antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga Keuangan Bank dan/atau nonbank serta komunitas merupakan salah satu inovasi dan terobosan untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah sekaligus mendorong pencapaian Program Sejuta Rumah.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif