Jokowi perintahkan rumah Zohri direnovasi
Lalu Muhammad Zohri merayakan kemenangannya dalam IAAF World Junior Championships di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). Kemenpora RI/IAAF
Jakarta: Lalu Muhammad Zohri mendadak dikenal setelah kemenangannya meraih medali emas di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Tampere, Finlandia tersebar. Atas keberhasilannya, Zohri bakal menerima sejumlah bonus hingga sebuah rumah.

Setelah kemenangannya tersebar, rumah atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut juga menjadi viral. Rumah atlet 18 tahun tersebut jauh dari layak huni, bahkan setiap bagian rumah perlu direnovasi.


Presiden Joko Widodo juga mengikuti perkembangannya. Kepada Kementerian PUPR diperintahkan untuk melakukan renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri.


Medali milik pelari Lalu Muhammad Zohri di teras rumahnya, Jumat (13/7). Sejak tersiarnya kabar meraih medali emas lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20, di Tampere, Finlandia, kediaman Zohri ramai dikunjungi warga yang penasaran dan ingin memberi bantuan. Di antaranya tawaran dari Korem 162/WB TNI AD tersebut. Antara Foto/Ahmad Subaidi

“Sesuai perintah Bapak Presiden, tadi pagi Menteri PUPR meminta kami mengecek kondisi rumah keluarga Zohri untuk dapat menentukan renovasi yang akan dilakukan,” kata Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7/2018).

Perwakilan Kementerian PUPR akan menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut.

Hadiah rumah

Prestasi yang ditorehkan Zohri juga mendapat apresiasi dari Menteri Perindustrian era Kabinet Indonesia Bersatu II, MS Hidayat yang juga mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI). Dirinya berinisiatif memberikan hadiah rumah kepada Zohri.

MS Hidayat langsung menghubungi Ketua Umum REI, Soelaeman Soemawinata untuk memberikan rumah kepada Zohri. Saat ini, REI NTB sedang menjajaki lokasi rumah yang akan diberikan kepada Zohri.

"Jadi ini (hadiah rumah) adalah atas dasar prestasi Zohri. Sejak saya ketua umum REI 15 tahun lalu, kita biasanya kalau ada atlet-atlet nasional yang berprestasi di dunia, waktu itu kebanyakan bulu tangkis, selalu kita kasih hadiah rumah, saya kira ini perlu berlanjut. Siapa yang menyangka, ini kan di luar perhatian kita. Jadi, yang harus dikasih adalah atlet yang mencuri perhatian kita," kata MS Hidayat.

Baiq Fazilah (29), kakak Lalu Muhammad Zohri, menunjukkan sejumlah medali yang telah diperoleh adiknya di rumah gubuknya yang sederhana di Karang Pangsor, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (12/7/2018). Lalu Muhammad Zohri meraih medali emas lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20, di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). Sprinter kelahiran Lombok itu mencatatkan waktu 10.18 detik mengalahkan pelari Amerika Serikat, Rusia, Jepang, Swedia, Jerman dan Jamaika. Atas prestasi dan kondisi tempat tinggal Zohri sekeluarga ini, pemerintah menjanjikan sebuah rumah sebagai bonusnya. Sang Juara Dunia baru ini akan berlaga dalam Asian Games 2018. #IAAFWorldU20Championships2018 #lari100meter #lalumuhammadzohri #asiangames2018 #sprinter #sprint #runner #goldmedal #karangpangsor #Lombok #ntb

A post shared by Metrotv Indonesia (@metrotv) on



 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id