Pemerintah Bidik Padang jadi Kota Baru
Kementerian PUPR (Foto: Setkab)
Jakarta:Pemerintah tengah mengembangkan proyek kota baru di 10 kawasan yang menjadi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Dari 10 proyek kota mandiri tersebut, proyek Perumahan Citra Maja Raya di Maja, Lebak, Banten telah berhasil dibangun.


Sumber: Bappenas


Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana mengatakan, setelah Banten, pemerintah menargetkan pembangunan kota baru di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Mungkin kita di Padang dulu," ujar Dadang, saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018.


Sumber: Bappenas

Menurutnya pemerintah memprioritaskan pembangunan kota baru untuk daerah rawan bencana. Kawasan baru dibutuhkan guna memecah konsentrasi kepadatan penduduk di daerah perkotaan.

"Karena di Padang itu kan daerahnya rawan bencana. Jadi kita perlu menyiapkan area baru di sana untuk mengurangi pertumbuhan perkotaan," tutur dia. Adapun pengembang nantinya melibatkan swasta seperti Ciputra Group, Agung Podomoro Land (APL), hingga Sinarmas Land.


Sumber: Bappenas

Selain Maja (Banten) dan Padang (Sumatera Barat), kota baru lainnya yang bakal dibangun ialah Pontianak (Kalimantan Barat), Palembang (Sumatera Selatan), Tanjung Selor (Kalimantan Utara), Manado (Sulawesi Utara), Jayapura (Papua), Sorong (Papua Barat), Makassar (Sulawesi Selatan), Banjarbaru (Kalimantan Selatan).



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id