Hingga April, BP Tapera telah memiliki dana Rp10,4 triliun. (Foto: Shutterstock)
Hingga April, BP Tapera telah memiliki dana Rp10,4 triliun. (Foto: Shutterstock)

BP Tapera Bidik 139 Juta Peserta

Properti sejuta rumah
Rizkie Fauzian • 27 Mei 2019 12:13
Jakarta: Pembentukan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) diharapkan bisa memenuhi kebutuhan perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Deputi Komisioner BP Tapera Bidang Pemanfaatan Ariev Baginda Siregar mengatakan, kehadiran BP Tapera guna menyediakan dana murah jangka panjang yang disalurkan untuk pembiayaan perumahan berkesinambungan.
 
Hingga April 2019, BP Tapera telah memiliki dana senilai Rp10,4 triliun. Dana tersebut berasal dari Taperum-PNS yang nantinya akan diperuntukkan bagi pemupukan, pemanfaatan, dan dana cadangan peserta yang pensiun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ke depannya dana tersebut akan terus meningkat. Kami memproyeksikan potensi peserta Tapera akan mencapai 139 juta orang pada 2024," katanya di Jakarta, Minggu, 26 Mei 2019.
 
Menurut Ariev, peserta Tapera yang tergolong sebagai MBR dapat memeroleh manfaat untuk pembelian rumah, perbaikan rumah, atau membangun rumah melalui KPR dengan bunga rendah yang disalurkan oleh institusi keuangan yang bekerja sama dengan BP Tapera.
 
"Saat ini, BP Tapera tengah merancang pondasi mulai dari SDM, keuangan, logistik, hingga rencana strategis dalam lima tahun pertama," jelasnya.
 
Nantinya, kalangan masyarakat yang ditargetkan menjadi peserta Tapera yakni para pekerja asing, pekerja swasta, pekerja mandiri, pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Aparatur Sipil Negara (ASN)/Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif