Perumahan SilviaBo bagi para lansia dan penderita demensia.  (Foto: Dezeen)
Perumahan SilviaBo bagi para lansia dan penderita demensia. (Foto: Dezeen)

Desain Rumah Khusus Lansia dan Penderita Demensia

Properti Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 21 Agustus 2019 13:23
Swedia: Guna memenuhi kebutuhan tempat tinggal orang lanjut usia (lansia) dan penderita demensia, IKEA dan Skanska bekerja sama dengan Ratu Swedia membangun hunian khusus. SilviaBo merupakan proyek perumahan yang dikembangkan di Stockholm, Swedia.
 
SilviaBo dibangun oleh Silviahemmet, sebuah yayasan bagi penderita demensia yang didirikan oleh Ratu Silvia dari Swedia. Proyek ini merupakan tanggapan terhadap tempat tinggal yang dapat diakses lansia dan penderita demensia.
Desain Rumah Khusus Lansia dan Penderita Demensia
(Foto: Dezeen)
"Ada kebutuhan besar di Swedia untuk perumahan bagi lansia. Saat ini, harga rumah cukup mahal sehingga pembangunan SilviaBo dapat menjadi bagian kecil dari solusi tempat tinggal," kata manajer proyek Magdalena Stadler, kepada Dezeen.
 
Proyek ini berawal dari ambisi Ratu Swedia untuk mengembangkan model perumahan yang dapat membantu pasangan lanjut usia tinggal dengan nyaman. Ide tersebut dikembangkan dalam proyek SilviaBo. Dan kini, berkembang hingga menjadi hunian bagi penderita demensia.
Desain Rumah Khusus Lansia dan Penderita Demensia
(Foto: Dezeen)
Struktur huniannya menggunakan unit kayu dengan modular prefabrikasi yang dirakit di lokasi. SilviaBo terdiri atas enam bangunan apartemen yang bervariasi dari dua hingga empat lantai dan menampung apartemen satu dan dua kamar tidur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, setiap fasilitas dan interior yang dirancang akan dibangun dengan ramah terhadap penderita demensia dan juga membantu lansia hidup mandiri secara lebih lama. Seperti pintu masuk dibuat lebar dan jalan setapak datar yang cocok untuk kursi roda.
Desain Rumah Khusus Lansia dan Penderita Demensia
(Foto: Dezeen)
Ada juga pembuka pintu otomatis, pencahayaan tambahan serta fitur yang dirancang lebih khusus untuk orang-orang yang terkena demensia, termasuk petunjuk jalan yang jelas dan diperbesar, dinding pancuran rendah hingga sensor panas untuk kompor.
 
"Diharapkan ini akan memungkinkan para lansia khususnya mereka yang kehilangan ingatan untuk hidup mandiri di rumah dan pada akhirnya membantu pemerintah menghemat uang yang seharusnya dikeluarkan untuk perawatan," jelasnya.
Desain Rumah Khusus Lansia dan Penderita Demensia
(Foto: Dezeen)
IKEA membayangkan perumahan yang menggabungkan sejumlah fasilitas komunitas seperti taman bunga dan sayuran, seperti konsep "desa hijau" dan clubhouse lengkap dengan barbekyu dan pergola. Rumah akan dilengkapi dengan panel surya atap hijau dan perabot IKEA.
 
Proyek yang pertama diselesaikan terletak di luar Stockholm. Sementara pihak IKEA saat ini sedang mencari lahan untuk pengembangan proyek SilviaBo selanjutnya di tempat lain.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif