Pasar apartemen lesu, pengembang mulai melirik rumah tapak. (Ilustrasi: Shutterstock)
Pasar apartemen lesu, pengembang mulai melirik rumah tapak. (Ilustrasi: Shutterstock)

Pasar Apartemen Lesu, Pengembang Lirik Rumah Tapak

Properti apartemen rumah tapak
Rizkie Fauzian • 09 Oktober 2019 18:26
Jakarta: Pertumbuhan pasar apartemen di Jakarta diperkirakan masih akan lesu. Kondisi ini membuat para pengembang menahan diri meluncurkan proyek apartemen baru.
 
"Ini salah satu sektor yang berjuang mencapai kondisi ideal. Developer sudah mulai hati-hati. Mereka menjual produk (apartemen), tapi diserapnya belum baik," ujar Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto, pada acara diskusi di WTC, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2019.
 
Menurut Ferry, para pengembang tidak akan terburu-buru membangun proyek apartemen terutama saat kondisi pasar masih lesu. Hal tersebut akan memengaruhi pendapatan perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Proyeksi awal tahun pasar terkoreksi, akhirnya pengembang mulai berpikir ulang. Ada indikasi beberapa developer mulai berpikir mengembangkan hunian landed (rumah tapak)," ucapnya.
 
Bukan hanya itu, para pengembang asing juga mulai membidik segmen menengah ke bawah. Pengembang asing melihat segmen menengah ke bawah sebagai sebuah peluang baru.
 
"Developer asing juga berpikir ini peluang masuk ke segmen lebih bawah karena tingkat serapannya lebih baik dibandingkan segmen menengah atas," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, kebijakan pemerintah membebaskan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada sektor properti hingga Rp30 miliar, dinilai belum berdampak signifikan.
 
"Kita belum lihat apartemen kelas mewah meningkat. Karena produk ini biasanya dijadikan instrumen investasi dibandingkan hunian. Harga sewa terkoreksi, market sewa berkurang, investasi apartemen kelas atas belum terlihat menarik bagi investor," kata Ferry.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif