Dampak banjir terhadap harga rumah. Foto: Shutterstock
Dampak banjir terhadap harga rumah. Foto: Shutterstock

Pascabanjir, Harga Properti Malah Cenderung Naik

Properti banjir jakarta investasi properti Jakarta Banjir bisnis properti Investasi Rumah
Rizkie Fauzian • 16 Januari 2020 12:21
Jakarta: Banjir besar yang melanda wilayah Jakarta pada awal 2020 bukan hal baru. Dalam sejarah DKI Jakarta, setidaknya sudah ada lima kali banjir besar dalam jangka waktu dua dekade terakhir.
 
Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan menyatakan bahwa properti merupakan salah sektor yang terkena dampak banjir, terutama di perumahan tapak sehingga terjadi penyesuaian harga.
 
"Banjir besar biasanya terjadi pada kuartal pertama, Januari hingga Maret. Menurut data penurunan harga perumahan di kawasan yang terkena banjir tidak drastis dan hanya bersifat sementara," jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika membandingkan data harga rumah dari Rumah.com Property Index terhadap wilayah yang terkena banjir dari 2015 hingga 2018, menunjukkan bahwa tidak terjadi penurunan harga secara drastis, di beberapa wilayah malah terjadi kenaikan harga properti.
 
Seperti di 2016, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengalami kenaikan harga properti masing-masing sebesar tiga persen dan dua persen. Sedangkan di 2018, kedua wilayah tersebut juga mengalami kenaikan masing-masing sebesar dua persen untuk Jakarta Selatan dan satu persen untuk Jakarta Timur.
 
"Relatif stabilnya harga properti usai terjadinya banjir, walaupun wilayah yang terkena banjir tersebar, tapi dampaknya di masing-masing daerah tidak meluas, sehingga tidak terlalu memengaruhi pasar properti seperti data yang ditunjukkan dari Rumah.com Property Index," kata Ike.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif