Penurunan suku bunga diharapkan dorog daya beli konsumen di sektor properti. Foto: Shutterstock
Penurunan suku bunga diharapkan dorog daya beli konsumen di sektor properti. Foto: Shutterstock

Penurunan Suku Bunga Acuan Diharapkan Perbaiki Daya Beli Konsumen

Properti perumahan suku bunga bisnis properti kpr
Media Indonesia • 24 November 2020 17:05
Jakarta: Penurunan suku bunga acuan atau BI 7-day reverse repo rate (BI7DRR) menjadi 3,75 persen turut memberikan angin segar bagi sektor properti.
 
Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menganggap keputusan BI yang menurunkan suku bunga acuan akan mendorong perkembangan sektor properti. Namun, hal tersebut juga bergantung pada sektor perbankan dalam meresponsnya.
 
Menurutnya faktor pemulihan sektor properti saat ini amat ditentukan peningkatan sisi permintaan. Karena itu, turunnya suku bunga acuan BI itu dinilai bertujuan memperbaiki kemampuan daya beli konsumen yang masih terpukul akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena dari survei hingga bulan lalu (Oktober) konsumen relatif masih menahan belanja barang tahan lama, salah satunya perabot rumah tangga dan furnitur. Apalagi, pertumbuhan harga properti komersial pun masih melambat, tanda masih ada kendala sisi demand," jelasnya.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan meskipun BI sudah menurunkan suku bunga acuan, namun suku bunga KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA) masih tinggi ketimbang suku bunga acuan BI.
 
Berdasarkan data hingga Agustus 2020, rata-rata suku bunga KPR dan KPA sejak Januari 2019 ialah 8,75 persen, sedangkan rata-rata suku bunga BI7DRR berada di angka 5,15 persen. Pergerakan suku bunga KPR dan KPA juga belum sedinamis BI7DRR.
 
Jika suku bunga acuan BI sudah menurun 33 persen pada Agustus 2020 daripada awal 2019, suku bunga KPR dan KPA hanya turun sekitar tujuh persen pada periode yang sama.
 
"Dengan diturunkannya suku bung acuan dan suku bunga lending facility kami harap perbankan mampu merangsang minat masyarakat untuk membeli rumah lewat program KPR dengan suku bunga menarik mengikuti penurunan suku bunga acuan BI," ujarnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif