RSJ bersejarah jadi hotel mewah
Gaya desain kompleks bangunan ini dikenal sebagai Richardsonian Romanesque. amusingplanet/Chris Payne/ESTO and Joe Cascio
Buffalo:The Richardson Olmsted Complex di Buffalo, Amerika Serikat, adalah nama baru untuk yang sebelumnya dikenal sebagai Buffalo State Asylum for the Insane. Tepat sekali, sebuah rumah sakit jiwa.

Rumah sakit jiwa yang bangunan megah layaknya kastil ini dibangun pada 1870 oleh arsitek terkenal Henry Hobson Richardson. Lansekap dikerjakan oleh Frederick Law Olmsted, seorang arsitek yang merancang Central Park New York.


Pada saat itu Henry belumlah terkenal. Tapi kompleks rumah sakit jiwa ini adalah bangunan terbesar dalam karirnya dan menampilkan gaya khasnya yang kemudian dikenal sebagai Richardsonian Romanesque.

Desain bangunan ini berbentuk seperti V dengan bangunan menara pusat dan lima bagian yang secara progresif diatur di setiap sisi dalam formasi "kawanan angsa". Desain seperti ini memungkinkan cahaya alami dan udara segar masuk ke dalam bangunan.

Komplek bangunan RSJ ini juga memiliki taman sebagai ruang terbuka yang dikelilingi oleh jalan setapak berliku. Di belakang gedung rumah sakit terdapat sebuah peternakan seluas 100 hektare yang saat itu digunakan untuk melatih fisik pasien.

Rumah Sakit Buffalo State "menutup pintu" untuk pasien terakhirnya pada 1974. Sebagaimana dikutip dari amusingplanet, jelang satu tahun kemudian bangunan ini masuk ke dalam daftar tempat bersejarah dan pada 1986 ditetapkan sebagai National Historic Landmark.



Bangunan ini sempat menjadi kantor Kesehatan Jiwa pada 1989 dan 1994, namun bangunan dan pekarangan kembali kosong selama beberapa dekade. Baru pada 2006, bangunan ini berganti nama menjadi Richardson Olmsted Complex dan sebuah perusahaan didirikan dengan tujuan merehabilitasi fasilitas tersebut.
 



(LHE)