Presiden Jokowi tinjau renovasi rumah Zohri
Presiden Jokowi diapit Gubernur NTB TGB Zainul Majdi dan Gubernur NTB Terpilih Zulkieflimansyah (kanan) menyimak paparan BNPB tentang wilayah terdampak gempa di Posko Utama Pengungsian Tanjung, Lombok Utara, Senin (13/8/2018). Antara Foto/Ahmad Subaidi
Pemenang:Di sela peninjauannya ke Lombok Utara, Presiden Joko Widodo berkunjung ke kediaman keluarga Lalu Muhammad Zohri. Rumah sprinter juara dunia U-20 yang sedang direnovasi itu juga sempat diguncang gempa namun berdampak kecil.

Di lokasi, Selasa (14/8/201) pagi, Presiden Jokowi dan Ibu Negara ditemui Baiq Fazilla, kakak kandung Zohri. Setelah itu rombongan berjalan kaki menuju reruntuhan masjid yang berjarak 100-an meter dari rumah Zohri.


"Presiden langsung memerintahkan Menteri PUPR segera membangun kembali masjid tersebut," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, sebagaimana dilansir Antara.

baca juga: Rumah Zohri direnovasi tahan gempa

Selain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut dalam rombongan antara lain Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.   

Ssejak sehari sebelumnya presiden berkeliling lokasi dan pengungsian korban gempa 7 SR yang mengguncang Lombok pada 5 Agustus 2018. Kepada presiden, warga menyatakan harapan agar pemerintah mempercepat rekontruksi dan rehabitasi serta memberi bantuan pembangunan kembali rumah-rumah yang terdampak gempa.

Presiden memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada para korban. Bagi rumah yang rusak berat akan diberi bantuan pembangunanan kembali senilai Rp 50 juta dan Rp 25 juta untuk yang tidak terlalu parah.



Pelaksaannya pembangunannya dilakukan warga setempat secara bergotong royong dengan dibantu pemda dan TNI. Kementeriann PUPR akan menyediakan kontruksi rumah tahan gempa serta membimbing perakitannya. "Namanya konstruksi RISHA, rumah instan sederhana sehat dan tahan gempa," papar Jokowisaat meninjau lokasi terdampak gempa Gondang,Lombok Utara.

Konstruksi rumah tahan gempa ini telah dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak 2004. Risha berkonsep knock down serta yang perlu semen dalam perakitannya. Melainkan menggabungkan panel-panel beton dengan baut. Pembangunan rumah tersebut dapat diselesaikan relatif lebih cepat.

baca juga: Ringan & tahan gempa dari Kementerian PUPR

Gelar juara dunia diraih Lalu Muhammad Zohri setelah meraih emas Kejuaraan Dunia Atletik U-20 kelas 100 meter putra pada 11 Juli 2018 di Finlandia. Salah satu apresiasi atas prestasi ini adalah renovasi rumah tempat tinggal sang atlet dan keluarga di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Saat ini Lalu Muhammad Zohri berada di Jakarta untuk bersiap mengikuti Asian Games 2018.  Di ajang tersebut, Zohri akan menjadi tumpuan Indonesia dengan turun di cabang atletik nomor lari 100 meter dan estafet.




 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id