Rusunawa di Tanah Datar, Sumatra Barat diresmikan
Rusunawa di Tanah Datar, Sumatra Barat diresmikan

Rusunawa Senilai Rp9,3 Miliar Diresmikan

Properti rusunawa sejuta rumah rusun penghuni rusunawa peresmian rusun Rusunami
Rizkie Fauzian • 06 Desember 2019 22:49
Tanah Datar: Rumah susun sewa (Rusunawa) Akademi Sentra Tenun di Tanah Datar, Sumatra Barat diresmikan. Rusunawa setinggi tiga lantai tersebut dibangun dengan anggaran senilai Rp9,3 miliar.
 
"Saya berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun rusunawa untuk Akademi Sentra Tenun ini," ujar Mantan Wapres Jusuf Kalla di Tanah Datar, Sumatra Barat, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Rusunawa tersebut dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2018. Rusunawa dibangun agar para siswa dapat belajar mengenai kerajinan tenun dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan dibangunnya hunian vertikal tersebut, imbuh Jusuf Kalla, dapat dimanfaatkan untuk belajar mengenai kerajinan tenun sekaligus memfasilitasi generasi muda Indonesia ikut dalam menjaga salah satu budaya Indonesia yaitu kain tenun khas Minang.
 
"Lokasinya sangat strategis dan dekat dengan SMK dan Gedung Sentra Tenun. Lokasi ini bisa menjadi komplek pendidikan Lintau Buo. Saya sangat mendukung kegiatan pendidikan bagi generasi muda untuk belajar tenun khas minang," katanya.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menerangkan pembangunan rusunawa merupakan upaya pemerintah untuk mendorong generasi muda untuk belajar tinggal di hunian vertikal.
 
Selain itu, rusunawa juga dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan seperti halnya yang dibangun Kementerian PUPR untuk para siswa di Akademi Sentra Tenun di Tanah Datar.
 
Berdasarkan data, lokasi pembangunan Rusunawa Akademi Sentra Tenun Tanah Datar berada di Jalan Nagari Tigo Jangko, Batu Sangkar, Sumatra Barat.
 
Sedangkan jumlah huniannya terdiri dari 24 kamar dengan tipe 24 meter persegi. Hunian vertikal di cat dengan warna biru dan putih ini mampu menampung 144 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Akademi Sentra Tenun, Kriya Minangkabau.
 
"Kami membangun rusunawa ini setinggi tiga lantai dengan 24 unit kamar hunian dengan tipe 24 meter persegi. Setiap unit hunian juga sudah dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, meja belajar dan lemari pakaian serta sarana prasarana pendukung kegiatan belajar lainnya," katanya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif