Berdasarkan data Lamudi Indonesia, tren pencarian rumah meningkat 120 persen. (Foto: Shutterstock)
Berdasarkan data Lamudi Indonesia, tren pencarian rumah meningkat 120 persen. (Foto: Shutterstock)

Usai Lebaran, Pencarian Rumah Naik 120%

Properti bisnis properti
Rizkie Fauzian • 14 Juni 2019 18:47
Jakarta: Pergerakan pasar properti usai Lebaran diperkirakan melaju positif. Hal tersebut dapat terlihat dari minat pencarian informasi rumah dijual di situs properti.
 
Berdasarkan data Lamudi Indonesia, tren pencarian rumah meningkat 120 persen usai Lebaran. Rata-rata pencari rumah tertarik menggali informasi hunian di kawasan Bodetabek dengan harga di bawah Rp500 juta.
 
Secara keseluruhan pencarian rumah pada Mei 2019 atau di bulan Ramadan meningkat jika dibandingkan April, sebesar 8,07 persen. Namun, tren tersebut menurun pada tanggal 21 Mei hingga H-1 Idul Fitri, dan akhirnya kembali meningkat usai Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Commercial Director Lamudi Indonesia Yoga Priyautama, tren pencarian ini memang lumrah terjadi setiap tahunnya, dimana di awal Ramadan pencarian meningkat kemudian turun menjelang Lebaran dan kembali naik usai Idul Fitri.
 
"Ke depannya diperkirakan, tren pencarian rumah akan semakin membaik hingga akhir tahun 2019," kata Yoga dalam keterangan tertulis, Jumat, 14 Mei 2019.
 
Keyakinan tersebut tentunya bukan tanpa sebab, salah satu faktor pemicunya adalah kepastian hukum setelah penetapan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu April lalu. Ditambah lagi, persoalan politik yang ada terkait hasil pemilu presiden akan diselesaikan secara konstitusional di Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Bisnis properti sangat rentan terhadap kondisi politik, terutama untuk segmen atas yang banyak didominasi oleh investor. Mereka akan cenderung wait and see ketika melihat tidak stabilnya ekonomi dan keamanan," katanya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif