Stimulus di sektor perumahan berlaku 1 April 2020. Foto: Shutterstock
Stimulus di sektor perumahan berlaku 1 April 2020. Foto: Shutterstock

Stimulus Sektor Perumahan Berlaku 1 April

Properti Virus Korona suku bunga kpr Penyediaan Rumah
Antara • 31 Maret 2020 19:59
Jakarta: Pemerintah menyiapkan stimulus di sektor perumahan dengan anggaran Rp1,5 triliun. Hal tersebut untuk mengantisipasi dampak ekonomi akibat penyebaran virus korona.
 
Stimulus fiskal bagi sektor perumahan berupa Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan berlaku 1 April 2020.
 
"Anggaran yang disiapkan Rp1,5 triliun untuk 175 ribu rumah tangga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang sedang proses KPR," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto dalam konferensi video di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eko menuturkan stimulus yang diberikan itu merupakan satu dari sembilan kebijakan yang diambil dalam rangka mengantisipasi dampak ekonomi akibat virus corona (covid-19).
 
Melalui SSB, MBR mendapatkan sejumlah manfaat antara lain pembayaran angsuran KPR dengan suku bunga sebesar lima persen per tahun selama 10 tahun.
 
Pemerintah akan membayarkan subsidi sebesar selisih angsuran dengan suku bunga pasar dari perbankan dengan angsuran yang dibayar debitur/nasabah.
 
Eko menuturkan dengan adanya stimulus fiskal subsidi perumahan melalui SSB dan SBUM pada 2020 ini, secara keseluruhan target pemerintah dalam pemberian fasilitasi bantuan pembiayaan perumahan kepada sebanyak 330 ribu rumah tangga MBR diharapkan dapat tercapai.
 
Jumlah tersebut terdiri dari KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sekitar 88 ribu rumah tangga MBR (target DIPA 102.500 unit rumah telah disalurkan sebagian dalam percepatan pada 2019).
 
Selanjutnya, Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) sebanyak 67 ribu rumah tangga MBR, dan KPR SSB sebanyak 175 ribu rumah tangga MBR.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif