BRI tambah kuota penyaluran KPR subsidi tahun depan. Foto: dok. Kementerian PUPR
BRI tambah kuota penyaluran KPR subsidi tahun depan. Foto: dok. Kementerian PUPR

BRI Tambah 10 Ribu KPR Subsidi di 2020

Properti bri sejuta rumah program sejuta rumah kpr
Suci Sedya Utami • 04 November 2019 20:15
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bakal menambah penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi tahun depan. Sekitar 10 ribu unit rumah akan dibiayai melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).
 
Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan tahun ini pihaknya baru saja mendapatkan persetujuan untuk tambahan 385 unit rumah subsidi. Sehingga sampai akhir tahun diperkirakan penyaluran rumah subsidi oleh BRI sekitar 2.000 unit.
 
"Kemarin kita dapat tambahan saja 385 unit yang bisa dipakai di tahun ini. Tahun depan kita ajukan lagi sekitar 10 ribu-an," kata Handayani ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun tambahan yang telah disetujui untuk tahun ini lebih rendah dari usulan kuota yang diajukan BRI sebanyak 394 unit rumah. Pengajuan tambahan kuota KPR lantaran BRI telah menyalurkan KPR FLPP sebanyak 3.000 unit rumah. Keberhasilan itu membuat kuota penyaluran KPR BRI tahun ini sebanyak 3.394 unit rumah.
 
Guna merealisasikan penyaluran KPR sesuai kuota, BRI dibantu dua anak perusahaan yakni BRI Syariah dan BRI Agro. Keduanya diharap mampu meningkatkan penyaluran KPR BRI guna mendukung program pemerintah mencapai target program sejuta rumah.
 
"Tahun depan masih banyak gap yang harus ditutup. Gap nasional ada lima juta unit, BRI ingin berperan banyak untuk mendapatkan kuota KPR subsidi ini," tutur dia.
 
Berdasarkan data Kementerian PUPR, terdapat 18 bank pelaksana yang sukses menyalurkan dana likuiditas pembiayaan perumahan di atas 50 persen pada kuartal II-2019, terdiri dari lima Bank Umum Nasional serta 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD).
 
Kelima Bank Umum Nasional itu antara lain BNI, BTN, BTN Syariah, BRI, dan Bank Mandiri. Sementara 13 BPD yakni Bank Jabar Banten, Bank Sulselbar, Bank Kalbar, Bank Kalsel, Bank Kalsel Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Jatim, Bank Sumselbabel Syariah, Bank Aceh, Bank Jambi, Bank Nagari, Bank Sumselbabel, dan Bank Jambi Syariah.
 
Adapun dana FLPP yang telah disalurkan kepada masyarakat hingga kuartal II-2019 sebanyak 46.174 unit rumah atau sekitar 67 persen dari target total 68.858 unit di tahun ini.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif