5 Cara Melegakan Rumah
Warga melihat-lihat interior rumah contoh unit rumah susun DP 0 rupiah Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. MI/M Irfan
Jakarta:Menata rumah dan apartmen dengan lahan terbatas tentu tidak seleluasa yang lahannya lebih luas. Ada tantangan tersendiri agar kebutuhan tetap terpenuhi dan nyaman, namun ada konskwensi dari keterbatasan ruang.

Bagaimana cara membuat ruangan-ruangan sempit agar terlihat lebih lapang, namun tetap fungsional dan tentu saja nyaman. Ketua Himpunan Desainer interior Indonesia (HDII) Lea Aviliani Aziz berbagi kiat agar ruangan terbatas terlihat nyaman.


Pencahayaan

Mendesain rumah mungil, hal terpenting adalah pencahayaan sebagai sumber penerangan utama. Letakkan titik lampu tepat di tengah ruangan dan pada garis lurus agar seluruh bagian terlihat jelas.

Untuk rumah dengan ukuran mungil, Lea menyarankan menggunakan lampu pijar atau lampu berwarna kuning. Lampu pijar atau bohlam ini mampu memberikan efek hangat pada ruangan.

"Penting itu pencahayaan, jangan pakai lampu neon, pakai lampu pijar karena itu efeknya luar biasa," ungkapnya saat ditemui di Penang Bistro, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Dinding

Pemilihan warna dinding juga mempengaruhi rumah dengan ukuran mungil. Gunakan warna terang dan netral untuk menghasilkan efek lapang pada ruangan. "Warna jangan terlalu gelap, pilih warna yang netral," kata Lea.

Lantai

Hal serupa juga berlaku untuk lantai. Penggunaan warna yang terlalu terang dan mencolok akan membuat silau. Lebih baik pilih warna-warna lembut menyesuaikan warna dinding yang akan membuat interior jadi lebih menarik.

Storage

Kurangnya tempat penyimpanan sering menjadi masalah bagi rumah dengan lahan terbatas. Maka penggunaan furniture yang sekaligus storage bisa menjadi solusi ampuh bagi rumah mungil.

Furniture tersebut bisa digunakan untuk tempat penyimpanan. "Misalnya ranjang tempat tidur, bawahnya itu masih bisa dijadikan tempat penyimpanan misalnya untuk sprei atau handuk," sambung Lea.

Tidak kalah penting dari itu semu adalah perencanaan awal. Sangat penting merancang dan menata interior sesuai kebutuhan penghuninya.

Rumah yang efisien tentu menatanya juga harus efisien. Hanya saja jangan sampai urusan keamanan rumah dikalahkan dengan kebutuhan pengadaan storage.

"Terutama untuk keselamatan dan kesehatan penghuninya. Misalnya bagaimana kalau terjadi kebakaran? Kan harus ada jendela. Nah itu harus diperhatikan," sambung Lea.
 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id