Rumah subsidi yang dibangun kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR
Rumah subsidi yang dibangun kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR

27 Ribu Rumah Murah Dibangun di Kalimantan Tahun Ini

Properti Perumahan Program Sejuta Rumah Kementerian PUPR Rumah Subsidi FLPP Perumahan bersubsidi Rumah komersil
Rizkie Fauzian • 26 November 2021 22:09
Samarinda: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot pembangunan perumahan di wilayah Kalimantan melalui Program Sejuta Rumah. Adanya perumahan tersebut diharapkan bisa mendorong perekonomian masyarakat dan penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat di Kalimantan.
 
"Kami terus berupaya agar pembangunan rumah untuk masyarakat di Kalimantan bisa terlaksana dengan baik," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, H Hujurat dalam keterangan tertulis, Jumat, 26 November 2021.
 
Menurut Hujurat, pembangunan perumahan telah diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 dan Pasal 28H ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal secara layak di lingkungan yang aman, sehat, harmonis, dan berkelanjutan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut kemudian dipertegas melalui UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman yang menjelaskan bahwa Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar setiap manusia yang mana Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah wajib memberikan kemudahan akses pembangunan dan perolehan rumah yang layak kepada seluruh masyarakat, terkhusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 
 
"Untuk mewujudkan hunian yang layak huni, serasi, terpadu, serta didukung Prasarana, Sarana, Utilitas Umum (PSU) yang memadai," jelasnya.
 
Program Sejuta Rumah (PSR) telah berjalan selama enam tahun sejak dicanangkan tanggal 29 April 2015 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Presiden Joko Widodo juga mencanangkan Program Sejuta Rumah (PSR) sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional.
 
Lebih lanjut, Hujurat menerangkan, Balai P2P Kalimantan II memiliki tiga Satuan Kerja Penyediaan Perumahan yang ada di tiga Provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. 
 
Adapun capaian PSR yang telah dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II di tahun 2021 per Oktober 2021 antara lain di Provinsi Kalimantan Timur berjumlah 10.674 unit (rumah MBR 9.599 unit dan rumah nonMBR 1.075 unit). 
 
Provinsi Kalimantan Utara berjumlah 2.886 unit (rumah MBR 2.232 unit dan rumah nonMBR 581 unit). Selanjutnya di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 16.001 unit (rumah MBR  15.370 unit dan rumah nonMBR  631 unit). 
 
Kinerja positif Program Sejuta Rumah (PSR) ini, tidak lepas dari peran para stakeholder perumahan yang secara aktif ikut terlibat melaksanakan amanat Undang-undang untuk mewujudkan perumahan layak huni. 
 
"Kami juga memerlukan koordinasi lebih lanjut untuk memastikan permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan dapat diselesaikan dan pelaksanaan kegiatan Program Sejuta Rumah (PSR) ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat mutu dan tepat waktu," jelasnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif