Infrastruktur Transportasi, Pertimbangan Baru Pencari Rumah

Rizkie Fauzian 15 September 2018 08:20 WIB
infrastruktur
Infrastruktur Transportasi, Pertimbangan Baru Pencari Rumah
Kegiatan pembanguan jalur rel LRT di sisi Tol Jagorawi. Keberadaan LRT mendorong proyek properti di Kabupaten Bogor dilirik para pencari rumah. AFP Photo/Bayu Ismoyo
Jakarta:Membeli rumah pertama bisa menjadi keputusan yang sangat besar bagi Anda. Butuh waktu panjang untuk melakukan pertimbangan, seperti lokasi hingga akses transportasi.

Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018 menunjukkan bahwa 87 persen responden menganggap kedekatan hunian dengan sarana transportasi umum, baik itu halte bus, stasiun kereta api, dan lainnya, adalah hal yang penting.


“Pencari properti, khususnya hunian, saat ini sudah semakin realistis. Mereka sadar bahwa harga hunian di dekat pusat kota sudah semakin sulit dijangkau," kata Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan.

Sementara itu, rumah masih menjadi jenis properti hunian paling favorit. Rumah-rumah dengan harga terjangkau kini hanya terdapat di pinggiran kota, bahkan di kota-kota penyangga.

“Nah, agar bisa memiliki rumah sesuai kemampuan namun aktivitas sehari-hari tak terganggu, para pencari hunian ini akhirnya menjadikan jarak dari rumah ke sarana transportasi umum sebagai pertimbangan utama,” Ike menambahkan.

Dari seribuan responden yang berpartisipasi di berbagai kota di Indonesia, sebanyak 61 persen menegaskan bahwa jarak rumah ke sarana transportasi umum Sangat Penting dalam pertimbangan mencari hunian, sementara 26 persen menegaskannya sebagai Penting.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id