Serang Punya Rusun Khusus Santri
Rusun khusus santri yang dibangun Kementerian PUPR ini selanjutnya dihibahkan sebagai aset ponpes. dok.PUPR
Serang:Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, kini memiliki rumah susun sewa khusus santri. Pembangunan rusunawa ini merupakan bagian Program 1 Juta Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk bagi prajurit TNI/Polri, nelayan, pekerja informal, mahasiswa dan santri.

"Dengan adanya rusunawa, para santri dapat lebih nyaman menuntut ilmu sehingga dihasilkan lulusan santri terbaik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Kamis (15/3/2018).


Rusunawa Ponpes An-Nawawi berbeda dengan rusunawa pada umumnya. Konsepnya tetap barak yang menjadi ciri khas pesanten. Maka di rusunawa yang terdiri dari tiga lantai ini hanya memiliki 12 'unit' alias hanya ada empat di setiap lantai.

Empat 'unit' tersebut berupa barak yang masing-masing berkapasitas 18 santri. Maka daya tampung total rusunawa ini adalah 216 santri. Bangunan juga dilengkapi dengan ramp yang dikhususkan untuk santri penghuni rusun yang menggunakan kursi roda.

Layaknya barak di ponpes, rusun ini juga akan dilengkapi fasilitas tempat tidur, lemari pakaian, meja, dan kursi. Rusunawa ditargetkan dapat mulai dihuni sebelum Idul Fitri 2018 mendatang.

Walau dibangun oleh Kementerian PUPR, pengelolaan rusunawa senilai hampir Rp 7 miliar tersebut sepenuhnya oleh Ponpes An-Nawwani Tanara. Ini karena rusunawa akan pemerintah hibahkan untuk dijadi aset ponpes bersangkutan.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id