BTN bakal biayai 200 ribu rumah setiap tahun. Foto: Kementerian PUPR
BTN bakal biayai 200 ribu rumah setiap tahun. Foto: Kementerian PUPR

BTN Bakal Biayai 1 Juta Rumah dalam Lima Tahun

Properti properti Perumahan BTN kpr
Antara • 24 September 2021 16:54
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (BTN) berencana membiayai pembangunan satu satu juta unit rumah dalam kurun waktu lima tahun. BTN merupakan bank yang fokus dalam pembiayaan perumahan terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
 
"Kita mencanangkan selama lima tahun dari 2021 sampai 2025 akan membiayai satu juta unit rumah atau rata-rata 200 ribu unit rumah per tahun," ujar Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo dalam acara daring CEO Talk di Jakarta, Jumat, 24 September 2021.
 
Haru menjelaskan, selama pandemi covid-19 angka pembiayaan rumah berada di kisaran 140 ribu sampai dengan 150 ribu unit dalam setahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diharapkan naik pada tahun-tahun berikutnya sehingga totalnya satu juta unit rumah sampai lima tahun ke depan," katanya.
 
Menurut Haru, sebagai bank yang fokus di perumahan, BTN telah menjadi kontributor utama dan pendorong program perumahan nasional, terutama pada pembiayaan perumahan di segmen MBR.
 
"Kita sudah sampai saat ini membiayai 4,9 juta unit rumah sejak 1976," ungkap Haru.
 
Haru menambahkam, sekitar 90 persen portofolio kredit bank BTN adalah terkait perumahan, di mana 80 persennya adalah Kredit Perumahan Rakyat (KPR)
 
Bank BTN menjadi kontributor utama dalam program perumahan nasional dengan penyerapan kuoya subsidi yang terbesar atau rata-rata lebih dari 70 persen.
 
"Kapasitas rata-rata penyaluran KPR bank BTN per tahun sebanyak 200 ribu unit per tahun," ungkapnya.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif