Garden by the Bay dirancang arsitek Inggris Wilkinson Eyre dan arsitek lansekap Grant Associates. Craig Sheppard Photo
Garden by the Bay dirancang arsitek Inggris Wilkinson Eyre dan arsitek lansekap Grant Associates. Craig Sheppard Photo

Desain 8 gedung terbaik dunia

Properti perumahan perkantoran
Rizkie Fauzian • 16 Juni 2018 11:00
Jakarta: Seorang desainer atau arsitek sebaiknya memiliki pandangan visioner dalam merancang suatu bangunan. Desain tersebut juga harus memiliki kualitas, mencerminkan kecerdikan, keterkaitan dengan tempat dan yang paling adalah imajinasi.
 
Namun, membuat sebuah bangunan tak melulu soal dikagumi. Arsitek harus memikirkan ruang publik bahkan tanggungjawab sosial dan lingkungan dari pembangunan tersebut.
 
Arsitek juga harus mampu membuat bangunan tersebut tampak memukau dan juga bisa dinikmati oleh orang-orang yang melihatnya. Seperti dilansir dari ArchitectureDigest, berikut ini 8 bangunan yang dirancang dengan sangat baik oleh arsitek papan atas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gardens by the Bay
 
Memiliki luas 101 heltare, taman ini sukses menjadi ikon Singapura. Taman yang dibuat di atas tanah reklamasi ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni Bay South, Bay East, dan Bay Central. Saat ini bagian yang baru dibuka adalah Bay South.
 
Desain 8 gedung terbaik dunia
Craig Sheppard
 
Taman ini di dalamnya terdapat sebuah konservatori berpendingin, Flower Dome, dan Cloud Forest, yang merupakan rumah kaca tanpa tiang terbesar di dunia. Atap kaca tanpa penyangga melingkupi area yang sangat luas tanpa pilar ataupun tiang.
 
Linked Hybrid
 
Desain 8 gedung terbaik duniaBangunan yang ada di Beijing ini terdiri dari delapan menara yang terhubung dan 644 apartemen yang menyatu. Letak bangunan ini berdekatan dengan situs tembok kuno di Beijing . Konsepnya bertujuan untuk mengatasi arus urbanisasi yang kencang dengan menghadirkan ruang urban bervisi abad 21.
 
Bangunan ini memiliki ciri khas yakni jembatan-jembatan yang tinggi di angkasa, sama seperti gedung CCTV. Arsitek Steven Holl membangun menara kubus yang menghubungkan lantai tertinggi dari setiap menara dan satu menara berbentuk tabung yang berisi hotel.
 
Shu He Photo
 
The Shard
 
The Shard merupakan bangunan tertinggi di Eropa yang terletak di Inggris. The Shard diresmikan sebagai bangunan tertinggi di Eropa pada tanggal 5 Juli 2012 dengan pertunjukan laser di London, Inggris.
 
Bangunan ini setinggi 1.016 kaki atau 310 meter ini terinspirasi dari menara gereja yang strukturnya terdiri dari delapan fasad kaca siku yang mencerminkan kota dan langit sekitarnya dan menawarkan kilasan kristal di dalamnya.
 
Desain 8 gedung terbaik dunia
Sellar Property Group
 
The Shard terdiri dari 69 lantai, yang dibagi menjadi 12 lantai teratas untuk apartemen, 27 lantai untuk gedung perkantoran, 19 lantai untuk hotel dan 3 lantai paling bawah untuk mal. Menurut salah satu arsitek The Shard, Stephan Reinke, penghuni apartemen The Shard nantinya akan disuguhi sebuah pemandangan menarik, selain terasa dekat ke langit juga bisa melihat seantero kota London sejauh 44 mil.
 
Perot Museum of Nature and Science
 
Arsitek yang membangun museum ini merupakan pemenang Pritzker dan terkenal sebagai arsitek yang menciptakan terobosan yang unik. Bangunan ini berselubung di panel beton bertekstur yang terdiri dari sebuah kubus lima tingkat.
 
Desain 8 gedung terbaik dunia
Iwan Baan
 
Arsitek Thom Mayne menciptakan eskalator tertutup kaca yang dramatis dibagian luar bangunan tempat pengunjung masuk ke pameran.
 
Parrish Art Museum
 
Bangunan ini awalnya berupa rangkaian paviliun yang saling terhubung, dengan kemiringan atap yang berbeda-beda. Namun karena keterbatasan dana di tengah situasi ekonomi yang lesu tahun 2008, pihak museum meminta arsitek Swiss Herzog & de Meuron mendesain ulang museum.
 
Desain 8 gedung terbaik dunia
Rolland Halbe
 
Museum yang terletak di Water Mill di Long Island New York ini menjadi jauh lebih sederhana, lebih fleksibel dan lebih menonjolkan karya seni yang dipajang. Inspirasi gedung museum digali dari bentang alam sekitar lokasi museum dan kunjungan para arsitek ke studio para seniman di East End Long Island.
 
Metropol Parasol
 
Terletak di kota Saville, Spanyol, proyek ini merupakan bagian dari pembangunan kembali Plaza de la Encarnacion, dirancang oleh J. H. Mayer Arsitek. Proyek ini menjadi 9ikon baru bagi Saville sebagai salah satu tujuan paling menarik di dunia budaya.
 
Desain 8 gedung terbaik dunia
Fernando Alda
 
Bangunan yang selesai pada 2011 ini memiliki luas 5.000 meter persegi. Bangunan ini unik, terdiri dari panel kayu dan beton yang diposisikan sedemikian rupa untuk membentuk kanopi.
 
Absolute World
 
Desain 8 gedung terbaik duniaMenara kembar ini merupakan hunian high-rise yang berada di Mississauga, Ontario. Proyek ini dibangun oleh Fernbrook Homes dan Cityzen Development Group.
 
Absolute World adalah bagian dari kompleks lima menara, dengan menara kembar sebagai Absolute Tower Four dan Absolute Tower Five. Menara kembar memiliki 50 lantai untuk ruangan, dan total ketinggian 56 lantai.
 
Arsitek Yansong Ma membuat bangunan tampak seolah-olah berada dalam bentuk rotasi dan dibangun antara 2010-2012. Untuk membangun menara ini digelar kompetisi desain internasional yang diumumkan saat Mississauga Urban Design Awards ke-24. Arsitek dari tujuh puluh negara berpartisipasi dan mengajukan desain untuk kompetisi ini.
 
Roland Shainidze
 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif