Calon Pembeli Rumah Butuh Skema Pembiayaan Murah
Pasangan muda mencermati maket rumah dalam sebuah pameran perumahan di Jakarta. ilustrasi/MI/Panca Syurkani
Jakarta:Meski sektor properti dikatakan mengalami perlambatan, kenyataannya masih banyak orang yang berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Selain itu, mayoritas para pencari hunian tersebut merupakan pembeli rumah pertama.

"Tahun ini merupakan momen yang tepat untuk membeli properti. Apalagi jika melihat proyeksi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, pembangunan infrastruktur yang intensif, dan perbaikan peringkat kemudahan berbisnis memberikan harapan pada pasar properti untuk terus bertumbuh," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti, Hendro Gondokusumo.


Sebagaimana dikutip dari rumah.com, menurutnya pengembang properti bisa semakin cermat dalam melihat peluang dan membaca permintaan pasar. Khususnya generasi milenial yang merupakan segmen pembeli petama dan biasanya menginginkan friendly, flexibility paymentdanaffordable.

Sementara dalam survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 menunjukkan 63 persen responden mengaku berencana membeli rumah. Sebanyak 44 persen berasal dari usia  usia 21-29 tahun dan 35 persen lainnya berasal dari milenial tua, kelompok usia 30-39 tahun.

Hasil survei tersebut menunjukkan kesadaran generasi muda untuk memiliki hunian sendiri sudah cukup tinggi. Sayangnya masih ada kendala adalah uang muka yang cukup besar.


Meskipun pemerintah telah menurunkan besaran uang muka hingga 15 persen untuk pembelian rumah pertama dan para pengembang banyak memberikan promo. Generasi muda perlu edukasi mengenai cara mencari dan membeli tempat tinggal sesuai kebutuhan serta kemampuan keuangannya.   

"Untuk itu, mereka perlu diberikan advokasi ataupun panduan langkah-langkah proses pembelian rumah yang benar maupun bagaimana cara menemukan hunian idaman yang tepat," jelas Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengenai fitur Kalkulator KPR di Rumah.com.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id