Pameran properti virtual kembali digelar tahun ini. Foto: Shutterstock
Pameran properti virtual kembali digelar tahun ini. Foto: Shutterstock

Pameran Properti Virtual Jangkau Para Pencari Rumah

Properti investasi properti Perumahan apartemen Bisnis Properti rumah tapak pameran properti
Rizkie Fauzian • 23 Juli 2021 20:17
Jakarta: Di masa pandemi, banyak konsumen tertarik untuk mencari informasi tentang properti melalui online dari rumah. Hal ini yang membuat Rumah.com bersama Real Estate Indonesia (REI) menggelar pameran properti virtual.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita mengungkapkan kemitraan ini juga menandai adanya evolusi dari para pengembang properti dalam hal menjangkau para pencari rumah.
 
"Di masa yang penuh tantangan ini, masyarakat mengubah cara mereka mengkonsumsi dan mencari informasi termasuk di bidang properti.  Para pengembang juga mengejar perubahan perilaku yang muncul ini," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 23 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data Rumah.com mencatat, pencarian properti melalui media online tumbuh dua kali lipat pada semester I-2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 
 
Wakil Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Ikang Fawzi mengatakan kemitraan dengan Rumah.com dapat membantu para pengembang untuk mengubah cara pencari rumah menemukan segala hal yang terkait dengan penawaran rumah. 
 
"Kami percaya bahwa pengembang REI akan memanfaatkan momentum pembebasan pajak, dan menghadirkan proyek perumahan terbaik mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah," jelasnya.
 
Di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Marine bersama-sama Ikang sepakat mendesak sektor properti untuk berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.
 
"Oleh karena itu mari kita lakukan peranan kita dalam membantu kebijakan pemerintah menjadi dampak bisnis yang nyata dan mendorong pemulihan ekonomi," kata Ikang.
 
Menurut data REI, pada kuartal I-2021 pertumbuhan penjualan properti mencapai 15 persen dengan penjualan senilai Rp200 triliun dimana ini terjadi pada periode pembebasan PPN Properti. 
 
Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang pengecualian untuk mendorong pemulihan ekonomi dari sektor properti. REI memperkirakan dengan perpanjangan insentif PPN, penjualan properti akan tumbuh 20 persen hingga akhir tahun.
 
"Dengan situasi pandemi yang berkepanjangan, mobilitas menjadi terbatas dan ini mempengaruhi cara masyarakat memandang tempat tinggal mereka," ungkapnya.
 
Berdasarkan temuan dalam Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021, setelah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah telah membuat 33 persen responden memikirkan memiliki rumah. Sementara 26 persen responden lainnya ingin merenovasi. 
 
Selain itu, media online seperti media sosial dan portal properti semakin dianggap penting dalam perjalanan mencari rumah. Sebanyak 66 persen responden menganggap Media Sosial lebih penting dari sebelumnya sebagai sumber informasi tentang properti.
 
Sebanyak 47 persen responden merasakan peningkatan yang sama pentingnya dengan Portal Properti. Sedangkan sebanyak 22 persen responden ke tampilan properti secara virtual.
 
"Ini adalah waktu yang menantang bagi semua pihak. Akan tetapi karena semua pengembang sangat ingin melakukan penjualan, ini mungkin waktu terbaik bagi konsumen yang membutuhkan dan memiliki kesiapan untuk melakukan pembelian, atau sebagai seorang investor yang akan memasuki pasar properti," ujar Marine.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif