Ilustrasi. (FOTO: dok MI/Atet Dwi)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI/Atet Dwi)

Harga Properti Residensial Melambat

Properti properti perumahan
Media Indonesia • 20 Agustus 2019 17:26
Jakarta: Kenaikan harga properti khususnya residensial pada semua tipe rumah mengalami perlambatan di pasar primer pada triwulan II-2019. Tak hanya itu, penurunan juga terjadi pada penjualan properti residensial tipe kecil dan menengah.
 
Survei Bank Indonesia (BI) terhadap indeks harga properti residensial (IHPR) mencatat penurunan penjualan pada triwulan II-2019 disebabkan karena turunnya penjualan pada rumah tipe kecil -23,48 persen dari sebelumnya tumbuh 30,13 persen.
 
Menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP REI Bambang Eka Jaya, secara keseluruhan ekonomi Indonesia pada tahun ini berjalan sangat berat. Untuk rumah kecil dan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) khususnya, menghadapi masalah KPR subsidi yang kuotanya habis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sedang berjuang minimal ada tambahan 140 ribu-200 ribuan untuk semester ini," ujar Bambang saat dihubungi, baru-baru ini.
 
Sementara untuk rumah tipe menengah juga mengalami penurunan menjadi -12,88 persen dari sebelumnya tumbuh 13,33 persen. Adapun penjualan rumah tipe besar menguat dari 24,56 persen menjadi 33,08 persen.
 
Menurutnya, perlambatan yang terjadi pada residensial tipe menengah antara Rp500 juta-Rp1 miliar juga akibat konsumen pada segmen itu sensitif terhadap kondisi ekonomi. Pelemahan ekonomi terjadi merata dan bukan hanya pada bisnis properti.
 
"Pelemahan ekonomi karena faktor internal perekonomian kita, ditambah faktor keruwetan ekonomi dunia sehingga terjadi pelemahan keseluruhan bukan hanya perumahan. Maka itu, penjualan rumah tipe menengah juga turun," terang Bambang.
 
Sementara itu, naiknya penjualan rumah tipe besar sebagai efek pelonggaran dengan adanya aturan pemangkasan Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas penjualan Barang Mewah dari lima persen menjadi satu persen melalui implementasi PMK Nomor 92/PMK.03/2019.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif