Green building. (FOTO: dok Kementerian PUPR)
Green building. (FOTO: dok Kementerian PUPR)

Wow! Konsep Green Building Hemat Biaya Miliaran

Properti properti green building
Rizkie Fauzian • 14 Maret 2019 07:14
Jakarta: Konsep green building atau ramah lingkungan sudah banyak diterapkan pada bangunan di luar maupun dalam negeri. Bangunan ramah lingkungan dianggap memiliki kontribusi dalam menahan laju pemanasan global dengan membenahi iklim mikro.
 
"Bangunan ramah lingkungan didorong menjadi tren dunia bagi pengembangan properti saat ini," kata pakar energi yang juga Core Founder Green Building Council Indonesia (GBCI) Rana Yusuf Nasir, dikutip keterangan tertulis, Rabu, 13 Maret 2019.
 
Konsep green building telah diterapkan di sejumlah gedung perkantoran di Jakarta. Salah satunya, gedung Kementerian PUPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsep green building memberikan sejumlah manfaat, yakni meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemakaian sumber daya listrik, air dan energi, sehingga turut mendukung konservasi lingkungan.
 
Keuntungan lainnya, konsep green building dapat menurunkan biaya operasional dan pemeliharaan bangunan gedung, meningkatkan motivasi staf dan komunikasi antar departemen hingga menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman.
 
"Selain itu, menjadi role model aktivitas pemerintahan yang peduli akan kelestarian lingkungan hidup demi generasi mendatang.Poin terbesar dalam konsep ini adalah penghematan air dan energi, serta penggunaan energi terbarukan," kata Rana.
 
Rana menambahkan penghematan energi rata-rata gedung utama PU sebesar 59 persen atau setara 3,52 juta Kwh per tahun sehingga berkontribusi bagi pengurangan emisi CO2 3.140 ton. Secara finansial yang bisa dihemat sebesar Rp3 miliar per tahun, atau Rp260 juta per bulan.
 
Penghematan energi terhadap desain bangunan sebesar 31 persen atau setara satu juta Kwh per tahun dan mengurangi emisi CO2 sebanyak 960 ton. Bila dihitung biaya yang dihemat sebesar Rp880 juta per tahun atau Rp73 juta per tahun.
 
Kementerian PUPR menerima penghargaan Green Building Platinum Level dari GBCI pada 2013, juara pertama Most Efficient Building National Level di 2013, serta juara 1 ASEAN Energy Award pada 2014 dan 2016.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif