Jalan tol Kartasura-Salatiga ini bagian dari tol TransJawa yang mempersingkat jarak tempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju Surabaya. Antara Foto/Puspa Perwitasari
Jalan tol Kartasura-Salatiga ini bagian dari tol TransJawa yang mempersingkat jarak tempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju Surabaya. Antara Foto/Puspa Perwitasari

Ada Tol TransJawa, Penjualan Rumah di Solo Melonjak

Properti jalan tol bisnis properti
Rizkie Fauzian • 04 Januari 2019 15:51
Solo: Kota Solo mendominasi penjualan rumah di Jawa Tengah selama 2018. Selain ketersediaan lahan yang masih luas, kemudahan infrastruktur menjadi alasan dominasi tersebut.

"Ketersediaan lahan di wilayah Soloraya masih sangat mencukupi untuk pembangunan rumah tapak," kata Ketua REI Jawa Tengah MR Prijanto di Solo, seperti dikutip dari Antara, Kamis (3/1/2018).

Sepanjang tahun lalu penjualan rumah di Jawa Tengah mencapai sekitar 14.500 unit. Jumlah ini hampir dua kali lipat lebih tinggi dari tahun sebelumnya sekitar delapan ribu unit untuk seluruh tipe rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




Ruas tol Jembatan Kali Kenteng, Kab. Semarang, yang sepanjang 32 kilometer ini bagian dari tol Salatiga-Kartasura. Antara Foto/Aditya Pradana Putra "Infrastruktur seperti jalan tol juga memudahkan akses Kota Solo dengan beberapa daerah lain turut memberikan kontribusi pada tingginya permintaan rumah di wilayah tersebut," jelasnya.

Tak hanya itu, kenaikan tersebut juga didorong makin mudahnya perizinan bagi pengembang. Termasuk banyaknya perbankan yang menyediakan program kredit pemilikan rumah (KPR).

"Khusus di Jawa Tengah, perbankan yang menyediakan program KPR di antaranya BNI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank Jateng. Kemudahan ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan yang lebih baik di tahun ini," ungkapnya.

 


(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi