Pasokan rumah di Jabawa Barat mengalami kenaikan tertinggi. Foto: Shutterstock
Pasokan rumah di Jabawa Barat mengalami kenaikan tertinggi. Foto: Shutterstock

Pasokan Rumah di Jawa Barat Mengalami Kenaikan Tertinggi

Properti investasi properti perumahan bisnis properti Properti milenial Investasi Rumah
Rizkie Fauzian • 24 November 2020 18:56
Jakarta: Suplai properti residensial terbesar berasal dari DKI Jakarta pada kuartal III-2020 yakni sebesar 32 persen dari total suplai nasional.
 
Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index- Suplai (RIPMI-S), Jawa Barat menyumbang suplai sebesar 28 persen, diikuti Banten 17 persen, dan Jawa Timur 14 persen.
 
Sementara itu, suplai residensial Banten berada pada angka 144,5, atau naik 11 persen. DKI Jakarta berada pada angka 140,1 dengan kenaikan 5,2 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peningkatan suplai terbesar terjadi di Jawa Barat yakni sebesar 12,2 persen. RIPMI-S Jawa Barat berada pada angka 140,9.
 
"Suplai residensia pada kuartal III-2020 mengalami kenaikan 8,9 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya," jelas Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 November 2020.
 
Selain itu, indeks harga properti pada kuartal III-2020 mengalami kenaikan 0,5 persen secara kuartalan. Hal ini menjadi tanda-tanda pemulihan pasar.
 
Sedangkan kawasan-kawasan di lokasi alternatif terutama di sekitar Tangerang dan Bekasi masih memiliki peluang pertumbuhan RIPMI yang besar pada kuartal berikutnya.
 
"Ini tak lepas dari pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi yang terus berjalan. Kawasan-kawasan yang sebelumnya tidak terlalu diminati akan terlihat lebih menarik karena lebih mudah diakses,"jelasnya.
 
Karena itu pula, minat konsumen terhadap properti masih akan sangat bersifat value for money. Konsumen tidak akan keberatan mengalihkan pencarian properti di lokasi alternatif seperti Kota Tangerang, Bekasi, dan kawasan lainnya dengan harga yang lebih terjangkau.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif