Jawa-Bali jadi target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Foto: Shutterstock
Jawa-Bali jadi target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Foto: Shutterstock

Jawa-Bali Jadi Target Pendaftaran Tanah

Properti bpn pertanahan reforma agraria Sertifikasi Lahan
Rizkie Fauzian • 24 Oktober 2020 13:03
Batu: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus menyelesaikan kasus-kasus pertanahan melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
 
Program yang telah dilakukan sejak 2017 ini merupakan bagian dari Rencana Strategis (Restra) Kementerian ATR pada 2020-2024 yang dilakukan dari tingkat desa/kelurahan.
 
Salah satu hasil dari PTSL adalah desa/kelurahan yang bidang-bidang tanahnya terpetakan secara lengkap. Desa/kelurahan yang berpotensi lengkap ini dapat dipantau melalu dashboard PTSL.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Potensi desa lengkap per 20 Oktober 2020 menunjukkan bahwa di Jawa-Bali memiliki 2.010 desa/kelurahan lengkap, yaitu 49 persen dari 4.079 potensi desa/kelurahan lengkap nasional.
 
Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, R. Adi Darmawan mengatakan pulau Jawa dan Bali menempati posisi yang sangat strategis karena 67 persen Target PBT Nasional merupakan target PTSL di Jawa-Bali, 3.513.880 bidang.
 
"Oleh karenanya, keberhasilan PTSL di Jawa-Bali menentukan keberhasilan PTSL di Indonesia secara keseluruhan," katanya dikutip dari laman resmi Kementerian ATR, Sabtu, 24 Oktober 2020.
 
Adi menjelaskan bahwa pentingnya peningkatan kualitas data bidang tanah seiring dengan upaya peningkatan jumlah bidang tanah terdaftar.
 
Hal ini dapat diwujudkan dengan terus melakukan validasi data spasial dan tekstual, pemindaian warkah, penyelarasan data KKP (aplikasi) dengan fisik berkas agar pelayanan elektronik dapat dilaksanakan dengan risiko minimal.
 
"Semua pekerjaan yang kita lakukan mengandung risikonya masing-masing. Oleh karena itu, kami mengimbau agar membuat check list dari pekerjaan yang akan dilakukan dalam rangka meminimalisir risiko," jelasnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif