Dana yang terhimpun di BP Tapera diperkirakan hingga Rp60 triliun hingga 2024. Foto: Shutterstock
Dana yang terhimpun di BP Tapera diperkirakan hingga Rp60 triliun hingga 2024. Foto: Shutterstock

BP Tapera Bakal Himpun Dana hingga Rp60 Triliun

Properti perumahan ruu tapera rumah tapak Penyediaan Rumah
Rizkie Fauzian • 09 Juli 2020 19:49
Jakarta: Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) memperkirakan dapat menghimpun dan mengelola dana sebesar Rp60 triliun hingga 2024. Dana tersebut berasal dari akumulasi iuran 13,1 juta peserta.
 
"Di akhir 2024 dana terhimpun dari peserta Tapera diproyeksikan sebesar Rp60 triliun," kata Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020.
 
Menurut Adi, jumlah peserta Tapera tahun ini diperkirakan dapat mencapai 4,2 juta yang berasal dari peserta eks Tabungan Perumahan (Taperum) yang anggotanya terdiri atas pegawai negeri sipil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian 2021, ia memproyeksikan jumlah peserta akan naik menjadi 5,35 juta. Tahun berikutnya sebanyak 7,4 juta peserta, lalu 10,3 juta peserta pada 2023, dan 13,1 juta peserta pada akhir 2024.
 
"Jumlah ini adalah berasal dari Tapera dari kelompok pekerja PNS, TNI, Polri, pegawai BUMN, BUMD, dan BUMDes," jelasnya.
 
Adi menambahkan, pihaknya akan fokus pada kelompok ASN. Hal ini sesuai dengan arahan Komite Tapera agar dua tahun pertama fokus pada layanan kepada ASN yang sebelumnya sudah ikut program Taperum PNS.
 
"Kita akan fokus kepada kelompok ASN karena pesertanya sudah 4,2 juta peserta eks Bapertarum dengan dana Rp11 triliun. Disitu kita akan olah, ada 1 juta ASN yang belum memiliki rumah," ungkapnya.
 

(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif