Pemerintah siapkan hunian vertikal di ibu kota baru. (Foto: Shutterstock)
Pemerintah siapkan hunian vertikal di ibu kota baru. (Foto: Shutterstock)

Pemerintah Siapkan Hunian Vertikal di Ibu Kota Baru

Properti pemindahan ibukota Penyediaan Rumah Ibu Kota Baru
Desi Angriani • 18 September 2019 15:46
Jakarta: Pemerintah menyiapkan hunian vertikal berupa apartemen atau rumah susun di Kalimantan Timur. Konsep hunian tersebut akan disesuaikan dengan tata kota ibu kota baru yang mengusung konsep modern, smart, dan green.
 
"Walau desain agak awal tapi kota ini akan luas sekali jadi bangunannya vertikal bukan lagi landed house yang memakan tanah luas, bukan rumah dinas tapi rumah susun dinas atau apartemen dinas," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Rakor Nasional Bidang Properti di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu, 18 September 2019.
 
Untuk itu, pemerintah menawarkan proyek pembangunan perumahan atau real estate di ibu kota baru Indonesia. Investasi tersebut dipercaya akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi pengusaha properti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ibu kota dibangun dengan permintaan utama tempat tinggal, residensial yang lengkap dengan supporting-nya, intinya perumahan atau hunian. Ini penting dalam konteks kesempatan bagi pengusaha properti, " katanya
 
Di sisi lain, kesempatan kerja akibat pembangunan ibu kota baru juga akan meningkat 10,5 persen di wilayah Kalimantan dan tumbuh 1,0 persen secara nasional.
 
"Yang paling penting ksempatan kerja, salah satu jadi orang yang berkontribusi ciptakan lapangan kerja, Kalimantan tumbuh 10,5 persen kesempatan kerja secara nasional tumbuh 1,0 persen," pungkasnya.
 
Dalam kesempatan sama, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Properti Hendro S. Gondokusumo mengatakan pemindahan ibu kota di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara akan memberikan angin segar dan dampak positif bagi pengembang dan pelaku industri properti.
 
“Saat ini tinggal bagaimana menyusun strategi untuk menangkap peluang dari perpindahan ibu kota negara,” pungkas Hendro.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif