Lokasi Rusun DP Nol Rupiah: Pondok Kelapa
Seorang anak bermain di wahana permainan murah meriah di kawasan Rumah Susun Kemayoran, Jakarta. (foto: ilustrasi/Antara Foto/Atet Dwi Pramadia)
Jakarta: Tidak lama lagi realisasi program rumah tanpa uang muka dimulai. Lokasi yang selama ini dirahasiakan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno pun sudah pula terungkap. Kapan dan di mana rumah susun murah tersebut akan dibangun?

"Mudah-mudahan awal tahun sudah bisa mulai dengan pilot project pertama di Pondok Kelapa," ungkap Dirut PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (21/11/2017).


Yoory tidak mengungkap lebih lanjut lokasi tepat lahan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang dia maksud. Namun pelaksana proyek adalah BUMD maka lahan tersebut pasti aset Pemprop DKI Jakarta dan luas sekitar 1,3 hektare.

Mengenai nilai proyek, Yoory menolak memaparkannya. Tapi setidaknya ada dua menara rumah susun yang akan dibangun dengan jumlah total rumah 700 unit. Bila merujuk janji kampanye Anies-Sandi, maka harga jual maksimal per unit adalah Rp 350 juta.

"Kita masih bisa mengandalkan anggaran kita sendiri, tanpa PMD. Selama ini kita BUMD kan di-support Pemprop DKI Jakarta supaya lebih besar. Sekarang sudah mampu lah," jawab Yooriy ditanya nilai subsidi dan sumber pendanaan proyek.

 



(LHE)