Rukan Modern Bermunculan di Kawasan Urban
Pemukiman padat dan kumuh di balik deretan gedung perkantoran di Jakarta. Antara Foto/Akbar Gumay
Jakarta: Tren perkantoran di Jakarta kini telah beralih. Tak lagi gedung pencakar langit di tengah kota, melainkan berupa rumah kantor dengan desain modern. Rukan yang berembangan dari ruko ini banyak ditemukan di kota-kota satelit Jakarta.

Beberapa rukan modern di kawasan pinggiram Jakarta seperti Landmark Pluit, Cengkareng Business City (CBC) di pinggir tol menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selain itu ada Business Loft di Forest, Bumi Serpong Damai (BSD) dan Altira Business Park di Sunter.


"Sekarang ini ada fenomena baru, para developer tidak bangun kantor strata tapi rukan. Artinya developer menangkap ada permintaan yang tumbuh dari situ," jelas Kepala Departemen Riset Savills Indonesia Anton Sitorus dalam media briefing di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Anton menjelaskan, rukan yang saat ini tengah menjadi tren adalah evolusi dari ruko namun lebih modern. Rukan dibuat dengan lebih modern dengan beberapa fasilitas tambahan yang tidak ada di ruko konvensional.

"Lebih besar, lebih modern, pakai lift dan tersedia basement.  Kalau ruko yang konvensional kan parkiran di depan," paparnya.


Rukan modern ini lebih disukai oleh pemilik perusahaan yang sudah tua. Menurut Anton, pemilik perusahaan yang biasanya orangtua lebih memilih berkantor di rukan karena dianggap lebih simpel.

"Mereka (pemilik perusahaan) terutama yang sudah tua biasanya lebih suka di rukan, mereka tidak biasa berkantor di gedung. Kalau di rukan kan bisa pasang logo perusahaan sendiri, kalau di gedung harus izin. Pemakaian juga bisa semaunya," jelasnya.



Selain memiliki desain yang lebih modern, rukan saat ini lebih potensial sebagai aset investasi dibandingkan dengan gedung kantor. Hal ini juga membuat rukan dinilai lebih menarik.

"Misalnya ada pengusaha yang membeli gedung strata office dan dijaminkan ke bank, memang bisa, tapi bank pasti akan memilih yang punya buku tanahnya. Bank juga akan lebih pede kasih pinjamannnya," tambah Anton.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id