Rusunawa  di Gorontalo siap diserahkan . Foto: Kementerian PUPR
Rusunawa di Gorontalo siap diserahkan . Foto: Kementerian PUPR

Siap Serah Terima, Revitalisasi Rusunawa di Gorontalo Habiskan Rp1,74 Miliar

Properti rusunawa sejuta rumah rusun penghuni rusunawa
Rizkie Fauzian • 27 Oktober 2020 16:37
Gorontalo: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan tengah mempersiapkan proses serah terima aset Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kepada Pemerintah Kota Gorontalo.
 
"Kami sedang memproses serah terima aset rusunawa MBR ke Pemkot Gorontalo," ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Alwi Mahdali dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Menurut Alwi, saat ini pihaknya sudah melaksanakan revitalisasi rusun sehingga penghuninya lebih nyaman tinggal di hunian vertikal ini. Rusunawa MBR di Kota Gorontalo dibangun pada 2016 lalu dan berlokasi di Jl. Uskap. Kelurahan Buliide. Kecamatan Kota Barat. Kota Gorontalo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bangunan vertikal ini terdiri dari satu menara setinggi empat lantai. Pihak Kementerian PUPR pun mengecat bangunan ini dengan cat berwarna warni agar lebih menarik serta melengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti mebulair, minimarket, dan aula.
 
"Rusunawa ini sebenarnya sudah ditempati mulai 2018 lalu dan memiliki jumlah unit hunian sebanyak 90 unit," jelasnya.
 
Revitalisasi rusunawa MBR menghabiskan anggaran senilai Rp1,74 miliar. Proses pengerjaannya dilaksanakan selama 120 hari meliputi pekerjaan metalikal, elektrikal serta penambahan akses jalan dan drainase air limbah.
 
Alwi menjelaskan revitalisasi rusunawa MBR Kota Gorontalo ini ditujukan dalam rangka proses serah terima hibah aset ke Pemerintah Kota Gorontalo. Pihaknya berharap setelah perbaikan dan perawatan ini lebih cepat proses serah terima hibah dan akan dimanfaatkan oleh Pemda Kota Gorontalo.
 
"Kami berharap setelah proses serah terima aset ini Pemkot Gorontalo dan penghuni Rusun bisa melakukan perawatan bangunan secara mandiri dengan membentuk unit pengelola dan dibuatkan manajemen tersendiri untuk pengelolaan bangunan. Kami juga berharap bangunan ini bisa dimanfaatkan dan penghuni bisa menjaga kebersihan hunian," ungkapnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif