Masjid Kontroversial Usulan Erdogan
Pantulan proyek Masjid Taksim Square di cendela, Kawasan merupakan jantung kota Istanbul yang paling padat dan konon selama 100 tahun terakhir tidak ada masjid baru yang berhasil dibangun. AFP Photo/Ozan Kose
Istanbul:Pembangunan masjid di Taksim Square, Istanbul, Turki segera rampung setelah terhenti selama empat tahun. Struktur bangunan masjid penuh kontroversi tersebut sudah mencapai 85 persen.

Proyek pembangunan masjid ini sempat tertunda pada 2013 karena menuai protes dan demonstrasi besar dari kelompok sekuler. Pemerintah Turki memutuskan kembali melanjutkan pada 2017.


Taksim Square merupakan jantung kota Istanbul di sisi Eropa, suatu wilayah yang paling padat dan sibuk. Di sana terdapat sebuah makam pendiri sekaligus presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk, Anitkabir.

Sebagaimana dikutip dari middleeasteye, konon selama 100 tahun terakhir tidak ada masjid baru yang dibangun di wilayah tersebut. Ini yang membuat Reccep Thayib Erdogan lalu mengusulkan rencana membangun masjid baru tersebut ketika menjabat sebagai Walikota Istanbul pada 1994.


AFP Photo/Ozan Kose

Masjid Taksim yang dibangun di atas lahan seluas 2.482 (sumber lain menyebut 1.482) meter  persegi dengan daya tampung 2.575 orang. Tingginya yang 30 meter sama dengan dua gereja bersejarah di dekatnya.

Bangunan masjid dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang pertemuan serbaguna. Ruang bawah tanahnya bakal digunakan sebagai ruang parkir dengan kapasitas 180 buah mobil.

Sefik Birkiye yang menjadi arsiteknya menawarkan arsitektur art deco dengan fasad berlapus batu alam warna terang. Ornamen mengaplikasikan garis-garis lurus dan persegi (rectilinear), khas gaya Ottoman .

Detailnya banyak menggunakan bahan-bahan mahal. Inilah yang kemudian menuai protes dari pihak oposisi. Alasannya proyek berlangsung kondisi ekonomi nasional sedang tidak terlalu sehat dan pemerintahan Erdogan banyak pengeluaran untuk memperluas pengaruh politik ke negara sekitar.
 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id