Wisatawan berjalan-jalan di Cau Vang
Wisatawan berjalan-jalan di Cau Vang "Golden Bridge", Da Nang, Vietnam. Dua telapak tangan raksasa yang merupakan penopang badan jembatan, menjadi daya tarik untuk berswafoto. AFP Photo/Linh Pham

Tangan 'Tuhan' Penopang Jembatan Emas

Properti jembatan gantung vietnam
Rizkie Fauzian • 17 Januari 2019 11:11
Da Nang: Jika jembatan Golden Gate ada di San Francisco, Amerika Serikat, maka Golden Bridge adanya di Da Nang, Vietnam. Daya tarik jembatan berwarna emas yang satu ini adalah dua tangan raksasa penopangnya.
 
Jembatan pejalan kaki yang terletak di Thien Than Garden, di atas bukit Ba Na dekat kota Da Nang. Panjangnya 150 meter dengan lebar lima meter.
 
Tangan 'Tuhan' Penopang Jembatan Emas
AFP Photo/Linh Pham

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua tangan raksasa tersebut seolah seperti tangan Tuhan yang sedang menopang jembatan. Maka jembatan ini juga sering disebut dengan nama Jembatan Emas Tangan Tuhan.
 
Uniknya lagi, tangan raksasa tersebut dirancang terlihat sudah berusia berabad-abad. Padahal tangan tersebut dibuat dari fiberglass dan wire mesh yang diberi lumut agar seperti reruntuhan batu tua.
 
Pembangunan jembatan yang berdiri 1.399 meter di atas permukaan laut tersebut memakan waktu sekitar satu tahun. TA Landscape Architecture awalnya ragu membuat rancangan tersebut.
 
Tangan 'Tuhan' Penopang Jembatan Emas
AFP Photo/Linh Pham
 
"Awalnya, klien cukup khawatir tentang jembatan ini. Butuh waktu berbulan-bulan untuk meyakinkan mereka tentang desain akhir," kata Vu Viet Anh, salah satu arsitek yang mengerjakan proyek wisata ini.
 
Seperti dikutip dari dezeen biaya pembangun jembatan yang tengah viral di media sosial ini diprediksi mencapai USD 2 juta. Sementara itu di bagian kiri dan kanan sepanjang jembatan ditanami dengan bunga krisan lobelia berwarna ungu.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif